HUT TNI ke-78, Kodim Tegal Gelar Pameran Alutsista dan Kirab Jimat Limasan yang Dihadiri Habib Luthfi

HUT TNI ke-78, Kodim Tegal Gelar Pameran Alutsista dan Kirab Jimat Limasan yang Dihadiri Habib Luthfi

Pameran alutsista HUT ke-78 TNI di Kota Tegal--

RADAR TEGAL - Puncak peringatan HUT ke-78 TNI diwarnai dengan pameran alat untuk sistem pertahanan negara (Alutsista) dan Kirab Jimat Limasan, Sabtu 7 Oktober 2023. Kegiatan yang digelar Kodim 0712/Tegal itu berlangsung di sepanjang Jalan Pancasila. 

Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Maulana Habib Luthfi bin Yahya menghadiri secara langsung pembukaan pameran alutsista dan kirab tersebut. Turut hadir, Walikota Tegal, Dandim 0712/Tegal, Kapolres Tegal Kota, Danlanal dan sejumlah pejabat lainnya.

Dalam kegiatan tersebut sedikitnya ada 14 unit yang dihadirkan dalam Pameran Alutsista tersebut. Itu, merupakan milik Kodam IV/Diponegoro yang sengaja dihadirkan untuk memeriahkan kegiatan tersebut.

Selain pameran alutsista, jajaran TNI di Kota dan Kabupaten Tegal juga menggelar Kirab Jimat Limasan yang diikuti lebih 3.500 orang. Tidak ketinggalan, turut dibentangkan kain merah putih sepanjang sepanjang 1.200 meter.

Baca Juga: Gandeng Rumkit DKT, Pemeriksaan Kesehatan dan Donor Darah Diikuti Ratusan Prajurit Kodim Tegal

Baca Juga: Proyek Alutsista Prabowo Rp1.700 Triliun Ditolak, Fraksi PAN: Ini Sedang Krisis!

Dalam sambutannya, Dandim 0712 Tegal Letkol Inf. Suratman mengatakan kegiatan tersebut untuk membangkitkan nasionalisme dan mengedukasi masyarakat tentang alutsista yang dimiliki oleh TNI. Serta, mendekatkan TNI dengan masyarakat. 

"Kegiatan ini juga untuk membentengi diri dari fenomena intoleran. Yakni, paham-paham yang akan memecahbelah persatuan dan kesatuan,"katanya.

Menurut Dandim, walaupun berbeda suku, berbeda pemikiran namun tetap satu, yakni Indonesia. Karenanya, harus selalu bekerjasama satu dengan lainnya.

"Pesan saya, mari kita amalkan nilai-nilai Pancasila dan jaga NKRI dengan sebaik-baiknya,"tandasnya.

Baca Juga: Pembelian Senjata Militer Rp1.760 Masih Digodok, Prabowo: Yang Jelas Alutsista di Indonesia Sudah Tua

Baca Juga: Duka KRI Nanggala-402, Koreksi Alutsista Kita

Walikota Tegal Dedy Yon Supriyono mengatakan adanya pameran alutsista hari ini membawa secara tersirat suksesnya TNI memadukan nilai – nilai kebangsaan dan kearifan lokal. Sehingga rangkaian acara tersebut menjadi sebuah momentum dan sarana untuk menjalin soliditas dan membangun kemanunggalan yang kokoh antara TNI dan rakyat. 

"Besar harapan saya, acara ini tidak hanya menjadi sarana hiburan. Namun juga menjadi sarana edukatif bagi masyarakat agar dapat semakin mengenal dan mengerti TNI dari berbagai sektor,"tandasnya.

Sumber: