8 Desa di Losari-Brebes Jadi Master Plan Kembangkan Komoditas Padi dan Pisang

8 Desa di Losari-Brebes Jadi Master Plan Kembangkan Komoditas Padi dan Pisang

Sekda Brebes (dua dari kiri) Djoko Gunawan saat menghadiri Workshop Rancangan Master Plan Kawasan Pertanian Padi dan Pisang Berbasis Korporasi Petani di Kecamatan Losari Kabupaten Brebes di Aula Grand Dian Hotel Brebes.(istimewa)--

RADAR TEGAL - Sedikitnya delapan desa di Kecamatan Losari menjadi pilot projek mengembangkan potensi komoditas pisang dan padi. Kedelapan desa itu yakni, Desa Kedungneng, Randusari, Pekauman, Karangjunti, Kalibuntu, Dukuhsalam, Babakan dan Desa Bojongsari.

Hal itu diketahui dalam acara Workshop Rancangan Master Plan Kawasan Pertanian Padi dan Pisang Berbasis Korporasi Petani di Kecamatan Losari Kabupaten Brebes di Aula Grand Dian Hotel Brebes.

"Saya nitip pada Camat Losari untuk mendorong delapan desa di Kecamatan Losari yang dijadikan master plan sentra pengembangan kawasan pertanian padi dan pisang agar cepat berkembang," ungkap Sekda Brebes Djoko Gunawan. 

Dia berharap, pendampingan selama lima tahun ke depan oleh ICERE dan Badan Standarisasi Instrumen Pertanian (BSIP) Provinsi Jawa Tengah icon di Kabupaten Brebes bisa bertambah. Selain telur asin dan bawang merah, juga ada pisang dan padi. 

BACA JUGA:Asyik! Bansos Beras 10 Kg Mulai Disalurkan Lagi di Kabupaten Brebes

BACA JUGA:Pemkab Brebes Beri Reward ke Desa yang Lunas PBB-P2, Komisi II DPRD Beri Apresiasi

Meski begitu, harus ada sinergitas dalam program ICARE berupa partisipasi, dukungan, kerja sama dengan OPD terkait. Misalnya, terkait perijinan usaha dan legalitas maka DPMPTSP agar bisa gerak cepat dan Dinpermades berupa pengalokasian Dana Desa. 

Dibutuhkan juga keaktifan Kepala Desa serta perangkatnya, camat dan OPD terkait serta masyarakat desa dalam mengawal alokasi DD untuk program ketahanan pangan ini agar bisa lebih maksimal. 

Kepala BSIP Jawa Tengah Arif Surahman mengatakan, program icare ini merupakan salah satu program strategis dari Kementerian Pertanian yang pendanaannya dari World Bank atau Bank Dunia. Ada sembilan titik lokasi dari sembilan provinsi se Indonesia, salah satunya di Jawa Tengah yang difokuskan di Kabupaten Brebes dan diletakkan di Kecamatan Losari yang meliputi 8 desa.

Fokus komoditasnya pisang dan padi, karena Kecamatan Losari, khususnya di Desa Kedungneng dan Kalibuntu merupakan sentra produksi pisang. Program I Care dilaksanakan selama 5 tahun dan sudah dimulai dari tahun 2022 dan mudah-mudahan nanti sampai dengan tahun 2027. 

BACA JUGA:ABH Kasus Tawuran di Brebes Divonis 1 Tahun 10 Bulan, Keluarga Korban Histeris: Tidak Adil!

BACA JUGA:Api Kebakaran Ruko Dekat Pasar Induk Bumiayu Brebes Pertama Muncul dari Toko Tani

"Tujuannya adalah mengembangkan kawasan yang berbasis korporasi. Dan nantinya dalam program ICARE ini akan membentuk suatu korporasi pengembangan kawasan yang di pusatkan di Kecamatan Losari," tukasnya.***

Sumber: