Tinjau Perbaikan Jalan, Bupati Tegal Temukan Banyak Drainase Penuh Sampah: Eman-eman!

Tinjau Perbaikan Jalan, Bupati Tegal Temukan Banyak Drainase Penuh Sampah: Eman-eman!

PERBAIKAN JALAN- Bupati Tegal Umi Azizah didampingi Plt Kepala DPUPR Kabupaten Tegal Teguh Dwijanto Rahardjo meninjau pelaksanaan pekerjaan perbaikan jalan rigid beton di Pasar Bawang, Banjaran, Jumat 22 September 2023.-Humas Pemkab Tegal-

Terkait itu, Umi pun menyampaikan ucapan terima kasihnya pada sejumlah pemilik toko yang secara swadaya menguruk bahu jalannya dengan pasir dan batu. Dia berharap, hal serupa dapat diikuti pemilik toko lainnya supaya juga tidak membahayakan pengguna jalan.

Menanggapi soal potensi genangan di bahu jalan, Teguh mengatakan jika pihaknya akan meminta warga di Desa Banjaran bersama pedagang pasar bergotong-royong membuat saluran air sementara yang diarahkan menuju saluran drainase terdekat. Hal ini dimaksudkan untuk mengantisipasi timbulnya genangan di musim penghujan.

BACA JUGA:Bupati Cek Kesiapan Pengamanan Pilkades Serentak 2023 Kabupaten Tegal

BACA JUGA:Sah! Amir Makhmud Resmi Jadi Sekda Kabupaten Tegal, Bupati Umi Azizah Minta Tidak Bikin Gaduh

“Selain melandaikan bahu jalan dengan urukan, sementara ini warga bisa berswadaya membuat saluran air sementara menuju saluran drainase terdekat,” kata Teguh.

Selanjutnya, di tempat lain Teguh menjelaskan pekerjaan peningkatan kualitas jalan di ruas Pagerbarang-Jatibarang dilakukan sepanjang 400 meter dengan lebar 6 meter. Sedangkan pada ruas Margasari-Jedug sepanjang 550 meter dengan lebar 5 meter, ruas Kalisoka-Gumayun sepanjang 660 meter dengan lebar 5 meter dan ruas Ujungrusi-Banjaran sepanjang 220 meter dengan lebar 7 meter.

Masing-masing paket pekerjaan tersebut dianggarkan melalui pendanaan APBD Kabupaten Tegal 2023 senilai Rp2 miliar untuk perbaikan jalan ruas Pagerbarang-Jatibarang dan ruas Margasari-Jedug. Sementara perbaikan dua ruas jalan lainnya yaitu Ujungrusi-Banjaran dan Kalisoka-Gumayun dianggarkan masing-masing Rp950 juta.

Sementara untuk paket pekerjaan penataan kawasan di Koridor Jalan Gajah Mada, Slawi, pihaknya telah menganggarkan Rp3,3 miliar. Adapun sub pekerjaan di dalamnya meliputi perbaikan gapura, perbaikan bundaran patung obor, penataan drainase dan penataan trotoar. ***

Sumber: