5 Solusi Jika Tidak Bisa Bayar Hutang Pinjol Berbulan-Bulan, Nasabah Galbay Bisa Coba

5 Solusi Jika Tidak Bisa Bayar Hutang Pinjol Berbulan-Bulan, Nasabah Galbay Bisa Coba

5 solusi jika tidak bisa bayar hutang pinjol -freepik-

Cara ini bisa membantu Anda mengurangi nominal pembayaran bulanan dan bisa membantu manajemen hutang jadi lebih efisien.

Kini sudah ada sejumlah lembaga yang menawarkan program konsolidasi hutang. Selain itu, ada sejumlah aplikasi finansial yang sudah memiliki layanan serupa.

4) Buat rencana anggaran

Solusi berikutnya jika tidak bisa bayar hutang pinjol adalah membuat rencana anggaran. Cara ini bisa membantu Anda mengendalikan pengeluaran dan mencari uang tambahan untuk melunasi hutang.

Utamakan membayar hutang lebih dulu dibanding membeli kebutuhan yang tidak begitu penting atau mendesak. Hal ini bisa membantu mengembalikan stabilitas keuangan Anda.

BACA JUGA : 5 Cara Menggunakan Aplikasi Pinjol agar SLIK OJK Tetap Aman, Pasti Terhindari dari Hutang Menumpuk!

5) Gunakan bantuan keuangan eksternal

Jika Anda terjerat hutang pinjol bisa lewat cara meminta bantuan orang lain. Misalnya organisasi nirlaba atau lembaga pemerintah agar bisa memberikan saran untuk membayar hutang.

Langkah ini bisa menjadi solusi terakhir yang bisa Anda lakukan dan pertimbangkan, setelah Anda mencoba cara-cara sebelumnya.

Demikian 5 solusi jika tidak bisa bayar hutang pinjol berbulan-bulan. Jika Anda sudah berhasil melunasi hutang, jangan pernah lagi mengulangi kesalahan yang sama agar tidak terjerat hutang. 

Sebab, jika Anda menjadi nasabah galbay dalam membayar cicilan pinjol nanti akan mempengaruhi skor kredit Anda. Khususnya jika meminjam pada platform pinjaman online yang resmi OJK. (*)

Sumber: