Kisah Pelarian Pimpinan G30S/PKI Letkol Untung yang Tertangkap di Tegal, Usai Diteriaki Copet

Kisah Pelarian Pimpinan G30S/PKI Letkol Untung yang Tertangkap di Tegal, Usai Diteriaki Copet

Pimpinan G30S/PKI, Letkol Untung saat ditangkap dalam pelariannya, usai memimpin gerakan pemberontakan yang gagal.--

Berkembang pula versi yang menyebutkan saat mendekati Terminal Tegal, Untung melihat ada dua tentara yang tengah melakukan pemeriksaan terhadap penumpang bus. Takut ketahuan identitasnya, Letkol Untung pun buru-buru turun dari bus dan diteriaki copet oleh penumpang lainnya.

Karena turun paksa sebelum bus berhenti, tokoh utama penculikan jenderal saat pemberontakan G30S/PKI itu, terbentur tiang telepon di pinggir jalan. Dia pun mengalami luka di mata kirinya, karena terjatuh, lalu ditangkap.

Diserahkan ke Markas CPM Tegal

Setelah ditangkap, Letkol Untung dibawa ke Kantor Desa Kemandungan. Dan setelah dipastikan bahwa yang ditangkap adalah Letkol Untung, dia pun lalu dibawa ke Markas CPM Tegal.

"Cerita berbeda mengatakan, setelah diinterogasi oleh Lurah Kemandungan, Untung sempat dilepaskan. Damiri, pendamping Untung selama pelarian, sempat mempengaruhi lurah agar Untung segera dilepaskan karena tidak ada bukti," ungkapnya.

Usai dilepas dari kantor desa, Untung menuju Jalan Asem Tiga. Pimpinan tentara pemberontak G30S/PKI itu memasuki rumah salah satu warga, untuk mengobati luka di mata kirinya.

Di perkampungan itu pulalah, Letkol Untung kembali ditangkap warga lalu diserahkan ke Markas CPM Tegal. Itulah cerita penangkapan pimpinan penculik jenderal dalam pemberontakan G30S/PKI, Letkol Untung Sutopo di Tegal. (*)

Sumber: