Hindari Teror DC Pinjol dengan Mengurangi Risiko Galbay, Nasabah Bisa Tenang Senyaman di Pantai

Hindari Teror DC Pinjol dengan Mengurangi Risiko Galbay, Nasabah Bisa Tenang Senyaman di Pantai

Teror DC pinjol bisa nasabah galbay antisipasi dengan beberapa cara yang aman dari BI checking dan sesuai peraturan perundang-undangan yang sah.--

RADAR TEGAL - Tidak sedikit nasabah gagal bayar (galbay) yang mencari-cari cara untuk keluar dari jeratan pinjaman online (pinjol). Apalagi debt collector atau DC pinjol akan terus mengejar nasabah galbay-nya. 

Mereka pun kerap mendatangi rumah para nasabah galbay, dengan tindakan-tindakan yang kurang simpatik. Itulah sebabnya rata-rata nasabah galbay kerap merasa terintimidasi dengan tindakan teror DC pinjol tersebut. 

Cara yang paling ekstrem adalah dengan menyebar data-data kontak pribadi dan orang terdekat nasabah. Biasanya hal itu dilakukan DC pinjol, setelah gagal mencegat nasabahnya saat berada di luar rumah atau jalanan umum.

Tindakan-tindakan DC pinjol yang terkesan arogan dan mengintimidasi tersebut jelas membuat nasabah kuatir dan waswas. Wajar apabila pinjol kemudian disebut bisa menjadi hal yang sangat menakutkan, apalagi saat terjerat galbay.

BACA JUGA:Polisi Akan Tindak Tegas DC Pinjol Legal yang Teror Nasabahnya di Jabodetabek

Skor BI checking

Tak hanya berurusan dengan para penagih utang, nasabah galbay juga berpotensi terkena skor kredit di SLIK OJK yang buruk. Kriteria penilaian yang dulu disebut BI Checking itu menyebabkan Anda akan susah mendapatkan pinjaman lagi.

Begitu menakutkannya risiko galbay, menjadikan Anda harus lebih berhati-hati saat memilih pinjol dan nominal yang akan dipinjam. Nah, apabila Anda mengalami galbay pinjol bisa melakukan beberapa hal untuk keluar dari jeratan risikonya, sebagaimana dijelaskan dalam artikel ini.

Tips menghindari DC pinjol dan jeratan galbay 

1. Ajukan Restrukturisasi Pinjaman

Langkah pertama ini bisa dilakukan jika peminjam pinjol mengalami kesulitan pembayaran utang plus bunganya. Yakni dengan mengajukan keringanan pembayaran melalui restrukturisasi kredit dengan cara:

BACA JUGA:DC Pinjol Lapangan Bisa Kena Pasal Pencurian, Ini Aturan Lengkap Penagihan Pinjol OJK Pakai Debt Collector

  • Memperpanjang durasi pelunasan pinjaman.
  • Mengurangi tunggakan bunga pinjaman.
  • Mengurangi tunggakan pokok utang.
  • Menambah fasilitas pinjaman.
  • Mengonversi pinjaman menjadi penyertaan modal sementara.

Dengan mengajukan perpanjangan masa kredit melalui restrukturisasi ini, bisa menurunkan cicilan per bulannya. Tetapi perlu Anda ketahui, total kewajiban pembayaran utang pinjolnya malah akan semakin besar.

2. Meminta Pengurangan Bunga

Sumber: