Bantu Stabilkan Harga, Giliran Anggota TNI Kodim Brebes Gelar Aksi Borong Bawang Merah Petani

Bantu Stabilkan Harga, Giliran Anggota TNI Kodim Brebes Gelar Aksi Borong Bawang Merah Petani

Kodim 0713/Brebes saat menggelar aksi borong bawang merah di halaman Makodim, Minggu 24 September 2023.(istimewa)--

RADAR TEGAL - Aksi borong bawang merah di Kabupaten Brebes dalam upaya menstabilkan harga terus dilakukan sejumlah instansi. Kali ini, anggota TNI Kodim 0713/Brebes melakukan Aksi borong bawang merah, Minggu 24 September 2023.

Informasinya, hingga saat ini ha ga bawang merah masih mengalami penurunan harga. Harga bawang merah di pasaran saat ini berkisar antara Rp10 ribu sampai Rp15 ribu. Sedangkan di tingkat petani harganya lebih murah. 

Dalam aksi borong bawang merah, pihaknya menyiapkan 6,6 kwintal bawang merah. Bawang tersebut dibeli dari petani bawang yag ada di Brebes.

Dandim Brebes, Letkol Inf Tentrem Basuki mengatakan, aksi borong bawang merah ini disisipkan dalam kegiatan senam pagi bersama dan bakti sosial bazar UMKM dalam rangka memperingati HUT TNI Ke-78 dan HUT Kodam IV Diponegoro Ke-73 Tahun 2023. Tujuannya, agar para peserta senam bisa membeli bawang merah dalam aksi borong tersebut untuk membantu petani. 

"Kegiatan ini sebagai upaya membantu pemerintah dalam menstabilkan harga bawang merah. Bawang merah kami siapkan di stand untuk dibeli dalam upaya mendongkrak harga bawang merah yang saat ini mengalami penurunan yang signifikan," ujarnya.

Dalam kegiatan yang diikuti Forkopimda Brebes, anggota Polres Brebes, Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XXIII Dim 0713 Brebes, serta anggota Hipakad puhaknya menyiapkan 6,6 kwintal bawang merah petani. Ini nantinya agar bisa dibeli para peserta senam dengan tujuan untuk membantu pemerintah daerah dalam upaya menstabilkan harga bawang merah. 

Langkah aksi borong bawang merah yang digelar Kodim 0713/Brebes ini mwndapat apresiasi dari pemerintah daerah. Sekda Kabupaten Brebes Djoko Gunawan mengapresiasi aksi borong bawang merah tersebut dan berharap aksi serupa bisa dilakukan instansi-instansi lainnya. 

Sebelumnya, Pemkab Brebes juga telah menggelar aksi serupa yang diikuti seluruh pejabat di lingkungan Pemkab Brebes. Ada 1.216 ASN yang ikut memborong dalam kegiatan Beli Bela Petani Bawang Merah yang dipusatkan di Stadion Karangbirahi Brebes. Kali ini Pemkab Brebes menyediakan 3 ton bawang merah untuk dibeli ASN.  

"Gerakan ini sebagai upaya membantu petani bawang merah yang saat ini harga hasil panennya turun. Dengan membeli produk-produknya (bawang merah), kami harapkan dapat meningkatkan harga bawang merah seperti biasanya," tanpungkasnya.***

Sumber: