Kelebihan Kijang Innova Hybrid Lebih Irit BBM, Pesaing Wuling Almaz Hybrid?

Kelebihan Kijang Innova Hybrid Lebih Irit BBM, Pesaing Wuling Almaz Hybrid?

Kelebihan Kijang Innova Hybrid Lebih Irit BBM-desain by cesaria-Canva

RADAR TEGAL - Toyota Kijang Innova Hybrid meluncur secara global di Jakarta pada November 2023 lalu. Kira-kira apa kelebihan Kijang Innova Hybrid dibandingkan kompetitornya?

Apakah keberadaan Innova Hybrid atau Innova Zenix akan menggeser posisi Innova Reborn atau model lamanya yang telah dicintai masyarakat? Pasalnya Innova Reborn juga sering masuk ke jajaran mobil yang laris terjual di Indonesia.

Model Innova Zenix dibekali dengan dua pilihan mesin 2.000cc konvensional (Innova Zenix) dan 2.000cc hybrid (Innova Hybrid). Untuk varian model pada konvensional hanya dua yakni bensin type G dan bensin type V. Sedangkan Innova versi hybrid memiliki tiga type yakni varian G, V dan Q.

Kelebihan Toyota Hybrid yang paling menonjol terletak dari konsumsi BBM yang lebih irit dan fitur-fiturnya yang beragam. Fitur yang paling dinanti adalah panoramic sunroof karena berbeda dengan variasi sebelumnya dan tambahan fitur modern yang semakin memikat mata.

Kelebihan Kijang Innova Hybrid lebih irit BBM

Toyota Innova Zenix menggunakan 2 konfigurasi mesin hybrid dengan kode M20A-FXS dan bensin dengan kode M20A-FKS. Keduanya digabungkan dengan transmisi 10-percepatan CVT sehingga kini tidak lagi memiliki varian mesin diesel.

Innova Zenix dengan varian bensin didukung oleh mesin berkode M20A-FKS konvensional berkapasitas 2.000 cc. Mesin ini sama seperti yang digunakan oleh Toyota Voxy terbaru. 

Performanya mampu meraih daya maksimum 167 hp pada 6.600 rpm dan torsi puncak mencapai 202 Nm pada putaran mesin 4.900 rpm. Konsumsi BBM diklaim mencapai 15 km/liter yang lebih irit daripada mesin bensin di Innova model lama atau Innova Reborn.

BACA JUGA:Ada Panoramic Sunroof! Inilah Desain Toyota All New Kijang Innova Zenix, Paduan MPV dan Crossover

BACA JUGA:5 Kekurangan Kijang Innova Zenix Hybrid, Sasis Monokok vs Sasis Ladder Frame Bagus Mana?

Selain itu, untuk mesin M20A-FXS hybrid memiliki kapasitas 2.000 cc Dynamic Force yang dipadukan dengan baterai Lithium Ion. Mesin ini sama halnya dengan yang digunakan oleh Toyota Prius terbaru yang dikenalkan di Jepang.

Kombinasi dari mesin dan motor elektrik tersebut diklaim mampu menghasilkan tenaga gabungan maksimum 223 hp. Sementara untuk konsumsi BBM diperkirakan mencapai 21 km/liter.

Kemampuan yang dimiliki Innova Hybrid dalam memangkas konsumsi BBm juga lebih baik dari mesin Innova Diesel model lama. Pasalnya, Innova Reborn bermesin diesel 2GD yang berkubikasi 2.393 cc turbo hanya bisa menghemat solar sekitar 14 km/liter.

Konsumsi BBM Innova Hybrid juga jauh lebih baik dari kompetitornya yakni Wuling Almaz Hybrid yang hanya mampu menghemat  19 km/liter. Dengan kelebihan Kijang Innova Hybrid apakah Anda tertarik untuk membelinya?*

Sumber: