5 Kekurangan Kijang Innova Zenix Hybrid, Sasis Monokok vs Sasis Ladder Frame Bagus Mana?

5 Kekurangan Kijang Innova Zenix Hybrid, Sasis Monokok vs Sasis Ladder Frame Bagus Mana?

5 Kekurangan Kijang Innova Zenix Hybrid-desain by cesaria-Canva

RADAR TEGAL - Kijang Innova menjadi salah satu MPV andalan dari Toyota karena mobil ini menjadi mobil idaman keluarga. Dibekali dengan mesin bandel dan kabin yang luas, Innova ini kerap digunakan untuk berbagai kondisi.

Di Indonesia sendiri, Kijang Innova kerap dijadikan mobil fasilitas untuk kantor, travel dan mobil pribadi keluarga. Pada tahun 2022, Toyota Kijang Innova mengubah tampilan generasi ke-7 dimana mobil masa kini telah banyak yang menggunakan motor listrik.

Kijang Innova juga mengikuti perkembangan otomotif dengan menghadirkan varian baru yang disebut Hybrid atau mobil yang memiliki dua sumber energi bahan bakar dan listrik. Meskipun telah mencapai generasi ke-7, tidak dapat dipungkiri bahwa Toyota Kijang Innova Zenix tidak memiliki kekurangan.

Kekurangan Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid

  • Menggunakan platform TNGA

Kijang Innova Zenix menggunakan plafon TNAG yang berarti menggunakan sasis monokok dan berbeda dari generasi sebelumnya yang menggunakan sasis ladder frame. Ladder frame terkenal dengan durability dan kokohnya, juga terkenal digunakan oleh kendaraan besar yang menggunakan basis ini. 

Mengapa Toyota mengubah basis Innova? Jawaban pastinya, Toyota sudah mengambil keputusan dengan pertimbangan. Selain itu, sasis monokok memiliki kelebihan karena lebih nyaman dan handling kendaraan lebih baik dibandingkan sebelumnya.

  • Memiliki penggerak roda depan

Pada dasarnya, mobil berpenggerak roda depan dinilai kurang efisien untuk melewati tanjakan yang cukup tajam. Namun demikian, seiring berjalannya waktu, semua mobil Toyota mulai beralih ke penggerak roda depan.

Hal tersebut juga diberlakukan untuk Kijang Innova yang kerap dijadikan sebagai mobil transportasi umum seperti travel atau taksi jarak jauh. Keuntungannya, perawatan lebih mudah karena tidak adanya garda di bagian belakang sehingga dalam perawatan tidak perlu mengganti oli gardan belakang.

  • Tidak memiliki transmisi manual

Toyota Innova Zenix tidak memiliki variasi transmisi manual baik Hybrid ataupun non Hybrid. Hal ini juga didukung oleh penggunaan Innova untuk transportasi umum jarak jauh.

Seiring dengan perkembangan zaman, manusia lebih nyaman menggunakan mobil bertransmisi otomatis. Kedepannya ada kemungkinan bahwa Innova Zenix Hybrid akan dijadikan mobil travel atau taksi kelas atas.

  • Tidak memiliki pilihan bahan bakar diesel

Pada generasi sebelumnya, Kijang Innova memiliki dua pilihan yaitu mesin bensin dan mesin diesel. Sedangkan pada generasi ke-7 atau versi Innova Zenix sudah tidak menggunakan mesin diesel. Mobil Toyota Innova baik Hybrid ataupun Zenix mesinnya berbahan bakar bensin. 

Namun, Anda jangan khawatir karena Toyota masih menjual Innova versi sebelumnya yang menggunakan bahan bakar diesel.

  • Jok depan masih diatur manual

Jok baris depan masih diatur secara manual sedangkan jok baris kedua sudah bisa diatur secara elektrik bahkan Innova Reborn pada versi sebelumnya pada jok baris depan juga diatur secara elektrik. Namun demikian, pada generasi terbaru diatur secara manual.

BACA JUGA:Ada Panoramic Sunroof! Inilah Desain Toyota All New Kijang Innova Zenix, Paduan MPV dan Crossover

Sumber: