Dituntut 5 Tahun Penjara, Mantan Kades Babakan Kabupaten Tegal Akhirnya Ditahan di Lapas Tegalandong

Dituntut 5 Tahun Penjara, Mantan Kades Babakan Kabupaten Tegal Akhirnya Ditahan di Lapas Tegalandong

MASUK LAPAS- Mantan Kades Babakan Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal Nuryasin, 51 tahun, akhirnya masuk Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Tegalandong setelah sebelumnya sempat menjadi tahanan kota.-HERMAS PURWADI-radartegal.disway.id

"Langkah penetapan pengalihan status terdakwa menjadi tahanan Rutan Tegalandong karena dikhawatirkan yang bersangkutan kabur jelang pembacaan vonis," cetusnya.

Dalam agenda tuntutan yang sempat dibacakan JPU di hadapan Majelis Hakim PN Tipikor Semarang  yang diketuai  Arkanu SH MHum dengan hakim anggota, Ida Rahmawati SH MH dan Dr Margono SH MH, terdakwa dituntut 5 tahun penjara dengan denda Rp200 juta subsider 3 bulan penjara.

BACA JUGA:Diduga Korupsi DD dan Rugikan Negara 380 Juta, Mantan Kades Babakan Tegal Mulai Jalani Sidang

BACA JUGA:Jadi Tersangka Korupsi DD, Kades Babakan Tegal Jalani Tahanan Kota

Dalam tuntutannya, JPU menyatakan terdakwa mantan kades Babakan terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana. Hal tersebut sebagaimana dalam dakwaan primair Pasal 2 Ayat (1)  Jo Pasal 18 UU Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi, sebagaimana telah  diubah dengan  UU Nomor 20 Tahun 2001. 

"Dalam tuntutannya, JPU juga menghukum terdakwa untuk membayar uang pengganti  sejumlah Rp380.197.541 yang terlebih dahulu diperhitungkan dengan adanya uang yang telah disita sebagai barang bukti pada tahap penyidikan sebesar Rp50 juta sebagai pengembalian kerugian keuangan negara," ungkapnya. ***

Sumber: radartegal.disway.id