Operasi ODOL, Banyak Muatan Truk yang Melintas di Jalur Bumiayu Brebes Melebihi Kapasitas

Operasi ODOL, Banyak Muatan Truk yang Melintas di Jalur Bumiayu Brebes Melebihi Kapasitas

PENGECEKAN- Petugas dishub melakukan pengecekan terhadap kondisi beban muatan truk dalam operasi Over Dimension Over Loading (ODOL) di Bumiayu.-TEGUH SUPRIYANTO-radartegal.disway.id

Reza menyampaikan, terhadap pelanggaran pihaknya bekerjasama dengan Satlantas Brebes memberikan sansi tegas berupa tilang.

"Langsung kita tilang, ini merupakan jawaban atas tuntutan masyarakat yang menuntut adanya tindakan terharap truk yang diindikasikan over load atau over dimensi," ungkapnya.

Sementara itu, Kaur Bin Opsnal Satlantas Polres Brebes Ipda Saeful Hidayat, dalam kesempatan tersebut menyampaikan, selain memeriksa kelengkapan surat kendaraan maupun pengemudi, jajarannya juga menegakkan aturan terkait Permenhub Nomor 6 Tahun 2019.

BACA JUGA:BREAKING NEWS! Kecelakaan Maut di Bumiayu Truk Trailer Tabrak 2 Mobil dan 1 Sepeda Motor

BACA JUGA:Brak! Truk Kontainer Terguling dan Tabrak 3 Warung di Jalan Lingkar Bumiayu, Sopir Meninggal

Aturan tersebut mengenai pembatasan operasional sebagaimana dimaksud dalam Pasal 1. Berupa larangan operasional mobil barang dengan Jumlah Berat yang Diizinkan (JBI) lebih dari 8.000 (delapan ribu) kilogram, untuk mobil barang dari arah Ajibarang ke Prupuk.

"Selanjutnya untuk kendaraan dengan tonase yang melebihi batasan yang ditentukan dari arah Purwoketo menuju Prukpuk, dialihkan melalui jalur Wangon-Majenang," ingatnya.

Terkait hal tersebut, H Sobar, tokoh masyarakat Bumiayu memberikan apresiasinya terhadap upaya dari Dinas perhubungan untuk melakukan tindakan terhadap truk yang melebihi batas kapasitas muatan.

"Namun kami berharap hal ini bukan sebatas hangat tahi ayam saja. Artinya hanya dilakukan setelah ada kejadian, setelah itu kembali jor-joran. Harus dilakukan terus menerus, terlebih saat ini pengawasan terkait itu cukup lemah, setelah jembatan timbang ditutup," urainya. ***

Sumber: