Dorong Jurnalisnya Semakin Kompeten, AMSI Jateng Gelar Pelatihan Optimasi Media

Dorong Jurnalisnya Semakin Kompeten, AMSI Jateng Gelar Pelatihan Optimasi Media

AMSI Jateng menggelar workshop optimasi media bagi anggotanya, sebagai bagian untuk meningkatkan kompetensi jurnalis media-media anggotanya.--

RADAR TEGAL - 56 jurnalis dar 28 anggota Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Jawa Tengah (Jateng) mengikuti workshop optimasi media di Hotel Patra Semarang, Rabu 20 September 2023. Pelatihan ini diharapkan bisa meningkatkan kompetensi jurnalis media online di Jateng.

Ketua AMSI Jateng, Nurkholis mengatakan jurnalis dan pengelola media online saat ini tengah menghadapi tantangan yang tidak mudah dalam pekerjaannya. Karena itu, mereka perlu membekali diri dengan kemampuan optimasi media.

Utamanya keahlian yang mumpuni saat menghadapi isu-isu tertentu, untuk bahan optimasi di medianya masing-masing. Misalnya tentang isu yang menjadi buah bibir di Jateng beberapa bulan terakhir terkait keberadaan tambang ilegal. 

“Kejadian kecelakaan tambang emas di Banyumas menjadi pemantik, perlunya ada forum yang mengajak para jurnalis angota AMSI Jateng menelaah dan berdiskusi. Sebenarnya sudah tepat belum, kita memberitakan isu tentang tambang ilegal ini sebagai bagian optimasi media,” kata Nurkholis.

FGD illegal minning

Pelatihan yang membahas isu tentang tambang ilegal ini, dikemas dalam bentuk Forum Group Discussion (FGD) Illegal Mining bertema “Tragedi Banyumas dan Pertambangan Jawa Tengah”.

Menurut Nurkholis, isu tersebut menarik didiskusikan, karena menurut catatan AMSI Jateng banyak poin-poin dari praktik tambang ilegal yang luput dari perhatian media. Di antaranya, terkait tingkat pemahaman jurnalis mengenai perbedaan tambang legal dan ilegal.

Lewat forum yang juga mengundang para pengusaha tambang atau lresmi egal di Jateng ini, diharapkan lahir persepsi yang sama. Utamanya dalam pemberitaan tentang pertambangan, dalam hal ini tambang ilegal sebagai bentuk optimasi peranan media. 

Untuk memperkaya pengetahuan jurnalis tentang tambang ilegal, AMSI Jateng menghadirkan empat narasumber yang kompeten di bidangnya. Antara lain Asisten II Ekonomi dan Pembangunan Sekda Provinsi Jawa Tengah, Sujarwanto Dwiatmoko dan Dirreskrimsus Polda Jateng, Kombes Pol Dwi Soebagio.

Selain itu ada pula Ketua Asosiasi Tambang Batuan Indonesia (ATBI) Provinsi Jawa Tengah, Supriyanto dan Pengamat Ekonomi Energi dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Jogja, Fahmy Radhi.

Workshop optimasi media

Selain berdiskusi membahas isu atau tema khusus, Nurkholis menambahkan, pengelola media anggota AMSI Jateng juga diajak mengikuti workshop sehari. Sesuai tajuknya, workshop atau pelatihan ini akan memberi pemahaman tentang upaya memaksimalkan media di tengah berbagai tantangan.

Pada workshop tersebut, AMSI Jateng menghadirkan dua narasumber pakar teknologi Hery Catur dan narasumber lainnya dari Dailymotion.

“Dua pelatihan ini kami harapkan bisa mendorong rekan-rekan AMSI Jateng untuk memaksimalkan kompetensi diri dan optimasi medianya. Jadi mereka siap ketika, misalnya menjumpai kasus tambang ilegal, atau misalnya menghadapi tantangan dalam mengembangkan media berbasis online,” ujar dia.

Sumber: