Menkop UKM Dorong Pemkab Brebes Tingkatkan Hilirisasi Produk Olahan Bawang Merah

Menkop UKM Dorong Pemkab Brebes Tingkatkan Hilirisasi Produk Olahan Bawang Merah

Menkop UKM (kemeja putih bertopi) saat melakukan kunjungan ke Brebes dan melihat olahan bawang merah asli Brebes, Minggu 17 September 2023.(istimewa)--

"Selain kendala di hulu juga ada di hilir, yang mana kemasan masih dari Jawa Timur. Kami berharap ke depan bisa membeli alat buat kemesan sendiri, mohon membantunya untu kelompok kami," ujarnya.

Dalam acara diskusi ini, juga dilakukan penyerahan dukungan pembiayaan secara simbolis dari LPDB-KUMKM yang merupakan Badan Layanan Umum (BLU) KemenKopUKM kepada KPUD Wanasari sebesar Rp1,08 miliar. Pembiayaan ini diberikan sebagai wujud nyata dukungan KemenKopUKM melalui LPDB-KUMKM terhadap pengembangan koperasi yang fokus pada upaya hilirisasi bawang merah tersebut.

Direktur Utama LPDB-KUMKM Supomo mengatakan pembiayaan yang diberikan tersebut sebagai yang perdana untuk mendukung program hilirisasi komoditas bawang merah. Ke depan pihaknya siap memberikan dukungan pembiayaan lainnya untuk investasi berupa penyediaan alat produksi atau lainnya.

Ketua KPUD Wanasari Jauhari mengapresiasi dukungan dalam upaya optimalisasi hasil produk pertanian bawang merah dari KemenkopUKM dan LPDB-KUMKM serta Bank Indonesia. Saat ini pihaknya sedang mengupayakan untuk menciptakan produk turunan bawang merah dalam bentuk tepung.

Menurutnya, hasil uji coba produksi tepung bawang merah yang telah dilakukan ternyata peminat dari luar negeri terutama Uni Eropa sangat besar. Namun sayangnya KPUD Wanasari bersama PT Sinergi Brebes Inovatif terkendala oleh peralatan yang digunakan untuk memproduksi tepung bawang merah.

"Selain membutuhkan kebijakan seperti pupuk murah dan kebijakan pemasaran, kami juga butuh mesin untuk pembuat tepung bawang. Sebab Uni Eropa apa-apa sekarang membutuhkan dalam bentuk tepung," pungkasnya.***

Sumber: