Asyiiik! Bantuan Sosial untuk Disabilitas Kabupaten Tegal Cair, Ini Bentuk dan Rupanya

Asyiiik! Bantuan Sosial untuk Disabilitas Kabupaten Tegal Cair, Ini Bentuk dan Rupanya

BBPPKS Yogyakarta menyerahkan bantuan paket program peningkatan kesejahteraan sosial untuk disabilitas di Kabupaten Tegal.-Hermas Purwadi-

RADAR TEGAL - Asyiiik! Bantuan Sosial untuk Disabilitas Kabupaten Tegal Cair.

Bertempat di aula Dinas Sosial Kabupaten Tegal, Balai Besar Pendidikan Pelatihan Kesejahteraan Sosial (BBPPKS) Yogyakarta, menyerahkan 57 paket bantuan program peningkatan kesejahteraan sosial bagi penyandang disabilitas. 

Bantuan secara simbolis diserahkan pihak BBPPKS Yogyakarta kepada Kepala Dinas Sosial, Iwan Kurniawan.

Ditemui disela perhelatan, Iwan Kurniawan menyatakan bahwa sebelumnya pihaknya memang sempat melakukan assesment kepada penyandang disabiltias agar bisa mandiri dengan mendapatkan bantuan dari pusat. 

BACA JUGA:Penyandang Disabilitas Berharap Ganjar Mampu Buat Indonesia Lebih Inklusif

BACA JUGA:Alhamdulillah, 17 Disabilitas di Brebes Tengah Terima Bantuan Kursi Roda

"Setelah kami lakukan assesment, kami mengajukan proposal pengajuan bantuan kepada pihak BBPPKS. Setelah pihak BBPPKS melakukan validasi atas kebenaran data yang sempat kita ajukan melalui proposal, bantuan tersebut direalisasi hari ini," ujarnya Jumat 15 September 2023

Lebih jauh Iwan Kurniawan berharap program ini kedepan bisa dilanjutkan untuk mendorong kemandirian penyandang Disabilas melalui program pemberian bantuan pendukung untuk berwirausaha sesuai dengan kemampuan yang dimiliki.

Ditegaskan bahwa penyaluran bantuan layanan sosial ini merupakan implementasi Kepmensos Nomor 221/HUK/2022 terkait fungsi balai diklat selain melaksanakan kediklatan juga melaksanakan layanan rehabilitasi sosial bagi PPKS salah satunya ialah penyandang disabilitas. Bantuan ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan hidup yang layak dan untuk memulihkan keberfungsian sosial PPKS.

" Kami berharap kepada para penerima bantuan layanan sosial ini dapat meningkatkan keberfungsian sosial, menjadi input yang berarti bagi kelangsungan hidup penerima manfaat, serta mampu mengantarkan para penerima manfaat untuk lebih berdaya, mandiri, dan sejahtera secara sosial dan ekonomi,” tegas Iwan Kurniawan.

BACA JUGA:Bantuan Rp778,7 Juta Disalurkan ke 773 Lansia dan Penyandang Disabilitas di Kabupaten Tegal

BACA JUGA:Warga Disabilitas dan Lansia Kabupaten Tegal Dapat Bantuan Modal dan Pemenuhan Hidup Layak

Sementara pihak BBPPKS Yogyakarta, Heriyanto menyatakan 57 paket yang diberikan kepada penerima manfaat berwujud berbagai jenis barang sesuai ajuan. 

"Paket yang kami berikan diantaranya sembako, nutrisi untuk orang dewasa dan anak, sarana kebersihan seperti peralatan mandi untuk dewasa dan anak. Perlengkapan sekolah untuk SD, perlengkapan tidur, dan paket untuk usaha warung sembako. Total anggaran yang dikucurkan untuk pemenuhan bantuan 57 penerima manfaat ini senilai Rp149.000.000," cetusnya.

Sumber: