Merokok Sembarangan hingga Sarpras Jadi Evaluasi Penilaian Kabupaten Kota Sehat di Brebes

Merokok Sembarangan hingga Sarpras Jadi Evaluasi Penilaian Kabupaten Kota Sehat di Brebes

Tim verifikasi Kabupaten Kota Sehat meninjau Monumen Juang 45 sudah ramah difabel namun masih kurang dari sisi kebersihan dan sarpras.-Syamsul Falaq-

RADAR TEGAL - Belum optimalnya kebersihan, merokok sembarangan, pengelolaan sampah dan ketersediaan sarana prasarana masih menjadi evaluasi penilaian Kabupaten Kota Sehat (KKS) di Brebes

Hal itu terungkap setelah dua hari proses verifikasi lapangan di Kabupaten Brebes, Kamis 14 September 2023. 

Hasilnya, sejumlah pekerjaan rumah tersebut butuh penanganan mendesak untuk segera perbaikan. 

Sebab, tahap peningkatan kriteria penilaian masih terbuka hingga sebelum penyerahan penghargaan.

BACA JUGA:Tahun Politik, ASN Brebes Diminta Jaga Netralitas dalam Pemilu 2024

BACA JUGA:Tunggakan PBB di Brebes Menumpuk, Bapenda Roadshow Tagih Piutang

Berdasarkan pantauan Radar Tegal, beberapa lokasi yang menjadi penilaian verifikasi lapangan tersebar pada sejumlah titik. Yakni, Desa Rengasbandung tentang Posyandu dan Posbindu.

Lalu Desa Kaliwlingi sebagai potensi pariwisata dan UMKM. Kemudian, Puskesmas Brebes sebagai fasilitas pelayanan kesehatan, Masjid Janegara Kecamatan Jatibarang ramah difabel dan inovasi penyaringan air.

Selanjutnya, Monumen Juang sebagai Ruang Terbuka Hijau publik, TPA Kaliwlingi sebagai mekanisme pengolahan sampah.

SMP 1 Brebes dan SDIT, sebagai perwakilan lingkungan pendidikan, Pasar Induk dan Pasar Belakang Kodim untuk fasilitas umum. Selain itu, Terminal Tanjung, MPP, Terminal Brebes, Pasir Gibuk, Batik Mangrove dan garam rebus.

BACA JUGA:Penilaian Kabupaten Kota Sehat Nasional 2023, Brebes Jalani Verifikasi Lapangan

BACA JUGA:Cerita Keluarga di Brebes, Tempati RTLH di Wilayah Perkotaan Brebes

"Yang masih menjadi evaluasi, meliputi optimalisasi penanganan sampah, peningkatan kebersihan dan ketersediaan sarpras serta fasilitas yang ramah difabel. Termasuk, spot Kawasan Tanpa Rokok wajib direalisasikan," ungkap Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes Ineke Tri Sulistyowati, Kamis 14 September 2023.

Sementara itu, rangkaian tinjauan verifikasi lapangan Kabupaten Kota Sehat di Kabupaten Brebes, ditutup dengan Fokus Group Discussion, yang dipimpin langsung Sekretaris Daerah Pemkab Brebes Djoko Gunawan.

Sumber: