Sedan Honda Amaze 2023 Punya Lawan Serius, Toyota Rumion MPV Keren 7 Penumpang Seharga 189 Jutaan

Sedan Honda Amaze 2023 Punya Lawan Serius, Toyota Rumion MPV Keren 7 Penumpang Seharga 189 Jutaan

Toyota Rumion 2023 muncul sebagai penantang serius sedan Honda Amaze 2023, meski berbeda segmen tetapi harganya hampir sebanding.--

RADAR TEGAL - Laris manisnya sedan Honda Amaze 2023 terbaru, bakal mempunyai saingan sepadan. Bahkan saingannya pun bukan kaleng-kaleng yakni mobil MPV besutan Toyota.

MPV yang disebut-sebut saudara Avanza itu, bahkan harganya lebih murah dibandingkan kembaran Xenia tersebut. Selisihnya tidak seberapa dengan harga sedan Honda Amaze 2023 terbaru.

Namun mobil terbaru yang belum lama dikenalkan ke publik itu, masuk ke dalam segmen Multi Purpose Vehicle (MPV). Sedangkan sedan Honda Amaze 2023 adalah mobil LCGC.

Hanya saja jika dilihat dari fungsinya, mobil MPV Toyota itu lebih membunyai kualitas kegunaan yang lebih besar ketimbang sedan Honda Amaze 2023. Mobil MPV itu adalah Toyota Rumion.

Sudah bisa dipesan di diler 

Secara tampilan, Toyota Rumion saudara Avanza di Indonesia sangat mirp dengan Suzuki Ertiga. Tidaklah mengherankan banyak yang menyebutnya sebagai kembaran dari Suzuki Ertiga.

Ternyata mobil MPV yang hanya dipasarkan di India itu, memang wujud dari kerjasama antara Toyota dan Suzuki sejak beberapa tahun lalu. Tampilan Toyota Rumion sama dengan Ertiga.

Perbedaan hanya ada pada bagian fasia depan, yakni tampilan grille yang menggunakan desain baru yang menyematkan logo Toyota. Selain itu tidak tampak perubahan berarti, hanya desain di bagian pelek yang berlogo Toyota.

Berbeda dengan tampilan sedan Honda Amaze 2023, tampilan profil belakang Toyota Rumion juga sama dengan Suzuki Ertiga yang berlogo Toyota di pintu belakangnya. MPV berkapasitas 7 penumpang tersebut, juga mempunyai interior yang relatif sama dengan Ertiga.

Bedanya hanya pada nuansa warna interior Toyota Rumion, yang memiliki hiasan cokelat gelap di tengah dasbor, senada dengan jok yang berwarna krem. MPV inipun sudah dilengkapi dengan sistem hiburan layar sentuh 7 inci.

Fitur hiburan itu sudah tersambung dengan Apple CarPlay nirkabel dan Android Auto, dengan teknologi Arkamys Surround Sense pada varian tertingginya. Selain itu juga masih banyak lagi fitur-fitur kekinian lainnya khas Suzuki dan Toyota.

Mengutip laman Motorbeam, mesin Toyota Rumion berkapasitas 1.500 cc, yang bisa menghasilkan daya 102 daya kuda dan torsi 136.8 Newton meter. Mesinnya tersedia dalam dua pilihan, yakni transmisi manual serta otomatis.

CC lebih besar dari sedan Honda Amaze 2023

Toyota Rumion 2023 mempertahankan jantung pacu mesin 4 silinder N/A, K15B, kapasitas 1.462 cc. Mesin tersebut bisa menghasilkan tenaga puncak 103 dk pada 6.000 rpm dan torsi maksimal 138 Nm di 4.400 rpm.

Sumber: