Utang Pinjol Bisa Rusak Masa Depan, Ditolak Lamaran Kerja, Gara-gara Kredit Macet dan Galbay Pinjaman Online

Utang Pinjol Bisa Rusak Masa Depan, Ditolak Lamaran Kerja, Gara-gara Kredit Macet  dan Galbay Pinjaman Online

Jumlah Pengguna pinjaman online dari generasi milenial-Instagram@dealls job-

RADARTEGAL.DISWAY.ID- Gagal bayar alias Galbay memang memiliki risiko dan pengaruh  besar langsung  pada debitur. Ada  banyak risiko   utang pinjol bisa rusak masa depan, SLIK buruk, hingga ada penyitaan barang dan dianggap wanprestasi

Ditolak  Lamaran Kerja

Pengaruh  gagal  bayar pinjaman online ternyata tidak hanya memperoleh SLIK buruk malah ada sekarang berdampak merusak masa  depan,  salah satunya ditolak lamaran kerja .  Hal tersebut terungkap  dari suatu peristiwa belum lama ini  yang menurut Otoritas Jasa  Keuangan( OJK)

Ada 5 orang  lulusan baru atau Fresh Graduate disebut ditolak lamaran kerja gara-gara kredit macet pinjaman online. Kejadian tersebut viral di  media sosial, yang pasti menjadi  pelajaran berharga bagi para lulusan pencari kerja.

Tidak Main- main dengan Pinjaman Online

Anak mudah boleh saja berprestasi akademik, tetapi bukan berarti main-main dengan utang pinjol. Menurut Friderica Widyasari Dewi selaku Kepala Eksekutif Perilaku Usaha Jasa Keuangan dan Perlindungan Konsumen OJK Buy Now Pay Later( BNPL) sudah terhubung  dengan sistem layanan informasi keuangan.

SLIK milik OJK dapat menunjukkan secara cepat dan akurat kredit score atau riwayat kredit seseorang. Cara akses SLIK mudah cukup memasukkan NIK di  KTP bisa buka data SLIK seseorang.

Jika main-main utang online ketika lulus fresh  graduate dengan membeli barang di kala  menunggu wisuda atau Paylater.  Akhirnya sekarang mau cari kerja malah susah dan lamaran kerja ditolak gara-gara  kredit  macet.

Rajin Cek SLIK

Kejadian yang viral di media sosial  akhir-akhir ini mengingatkan pentingnya mengecek SLIK saat hendak melamar kerja. Itulah mengapa kemudian OJK sedang mengembangkan kapasitas SLIK, karena sejak viral kemarin masalah

OJK Kembangkan Kapasitas  SLIK

Melihat fenomena tersebut Otoritas Jasa  Keuangan  akhirnya  mengembangkan kapasitas SLIK lebih baik dari sebelumnya. Terlebih  semenjak viral  cuitan tidak sedikit masyarakt mengecek status mereka di SLIK, tetapi begitu ramainya aktivitas.

Sampai ada banyak yang gagal cek riwayat kredit, jika kapasitas SLIK perbaharui akan pula terintegrasi  berpengaruh  pada kinerja SLIK sehingga riwayat  kredit  dapat mudah terdeteksi serta dilacak dengan cepat.

OJK Tengah Persiapkan Pembentukan Pusdafil

Maraknya gagal bayar yang terjadi  di tengah masyarakat tampaknya OJK tidak ingin kecolongan lagi, maka Pusdafil ( Pusat Data Fintech Lending)  segera dibentuk. Langkah tersebut perlu dilakukan agar pengajuan pinjol nanti terintegrasi dengan SLIK OJK.

Namun, sekarang perilaku sebagian masyarakat berubah mengikuti trend pinjam pinjol dengan alasan belum terintegrasi dengan data SLIK.Ada pula yang sudah tahu data  masuk SLIK, mereka hati-hati dalam mengajukan pinjaman, tetapi menariknya tidak masuk  SLIK tidak suka  bayar

Data Utang Pinjol Masuk  SLIK OJK

Ketika masyarakat ingin pinjaman online hati-hati karena sekarang KTP akan terintegrasi dan masuk SLIK OJK yang sebelumnya bernama BI  Checking.  Apalagi sekarang masuk melamar ke dunia kerja  suatu lembaga atau lainnya ada fit and proper test akan terdeteksi.

Ketika ingin melakukan pinjaman online hati-hati karena semua kegiatan keuangan di multifance, pinjol tercatat dalam  SLIK OJK. Proses SLIK cepat tidak  lama  hanya membutuhkan sekitar  waktu  sekitar 15 menit, tetapi pastikan tidak diwakilkan oleh siapapun.

Lantaran sifatnya pribadi demi keamanan, menjaga kerahasian data pribadi. Demikian tadi  ulasan singkat mengenai risiko   utang pinjol bisa rusak masa depan yang  tidak hanya merusak masa depan saja melainkan ditolak lamaran kerja.

 

 

 

 

Sumber: