Terbakar Hebat, Setengah Hektare TPA Kota Tegal Ludes Dilalap Amukan si Jago Merah

Terbakar Hebat, Setengah Hektare TPA Kota Tegal Ludes Dilalap Amukan si Jago Merah

PADAMKAN API-Relawan BPBD dan Pemadam Kebakaran sedang berupaya memadamkan api di TPA Jalingkut Kota Tegal, Sabtu 2 September 2023, malam.-Meiwan Dani R-radartegal.disway.id

RADAR TEGAL - Kebakaran hebat yang melanda Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Kota Tegal pada Sabtu 2 September 2023 pukul 18.30 melalap habis setengah hektare lahan. Petugas pemadam harus berjibaku untuk memadamkan amukan si jago merah yang membuat TPA terbakar agar tidak merembet ke permukiman warga.

"Api berhasil dipadamkan pada, Minggu 3 Agustus pukul 02.30 dini hari," ujar Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tegal Moch Mabrur, Minggu 3 Agustus 2023.

Setengah hektare atau 500 meter persegi lahan TPA Kota Tegal yang berada di Jalan Lingkar Utara (Jalingkut) Kota Tegal diketahui terbakar hebat. Namun, belum diketahui penyebab kebakaran tersebut. 

Musibah TPA Kota Tegal terbakar itu diketahui dari  warga yang sedang melintas dan melihat ada api di luar pagar yang berkobar hebat.

BACA JUGA:BREAKING NEWS! TPA Kota Tegal Terbakar, Warga Khawatir Menjalar ke Permukiman

BACA JUGA:Kronologi Singkat dan Pengakuan Sopir Truk Pengangkut Sepeda Listrik Terbakar di Jalur Pantura Bulakamba

"Dapat laporan dari RW ada kebakaran di TPA Kota Tegal, selanjutnya saya langsung ke lokasi untuk melakukan pengecekan," kata Lurah Pesurungan Lor Sudarto, di lokasi.

TPA yang terbakar tersebut merupakan tempat akhir pembuangan sampah di Kota Tegal. Ada ratusan ton sampah yang tertimbun di tempat tersebut. 

Sehingga perlu segera dipadamkan agar kobaran api tidak mengancam permukiman warga yang berada di dekat TPA Kota Tegal.

"Saya di lokasi, karena TPA Kota Tegal tersebut terbakar hebat, dikhawatirkan menjalar ke permukiman warga," ujarnya.

BACA JUGA:Mobil Pengangkut Sepeda Listrik di Jalur Pantura Bulakamba-Brebes Terbakar

BACA JUGA:Rumah Cleaning Servis di Pangkah Kabupaten Tegal Ludes Terbakar, Kerugian Hingga Rp65 Juta

Setelah mendapatkan laporan TPA Kota Tegal terbakar, sekitar pukul 19.10 WIB, petugas Damkar dibantu BPBD Kota Tegal langsung menuju ke lokasi kejadian untuk melakukan pemadaman. Petugas BPBD melakukan asesmen di lokasi kebakaran. 

Hasil asesmen di TPA Kota Tegal, ada sekitar 500 meter persegi atau setengah hektare sampah yang terbakar. Musibah kebakaran sendiri kerap terjadi selama musim kemarau sekarang ini.

Sumber: radartegal.disway.id