5 Jenis Pinjaman Bunga Rendah dan Berikut Kekurangannya Penting Dipahami

5 Jenis  Pinjaman Bunga Rendah dan Berikut Kekurangannya Penting Dipahami

Jenis pinjaman bunga rendah-depositphotos.com-

RADARTEGAL.DISWAY.ID-Bunga tinggi kerap  kali membuat angsuran atau cicilan makin membengkak, alasan sebagian besar masyarakat memilih pinjaman bunga   rendah. Sesungguhnya,  ada 5 jenis pinjaman bunga rendah sebagai alternatif pilihan ketika mengajukan pinjaman.

Kelima  jenis pinjaman bunga rendah tersebut meliputi Kredit Pemilikan Rumah,  Kredit Tanpa Agunan. Ada juga  Kredit Dengan  Agunan, Kredit Multiguna dan Kredit Pembelian Mobil yang dapat dipilih sesuai kebutuhan.

BACA JUGA:7 Platform Apk Pinjol Bunga Rendah Cepat Cair Terpercaya, Sediakan Pinjaman UMKM dengan Tenor Panjang

Dari kelima jenis pinjaman bunga rendah tersebut memiliki keunggulan masing-masing. Biasanya beberapa bank akan menawarkan produk-produk  dengan tingkat suku bunga rendah.  

5 Jenis Pinjaman Bunga Rendah

Pinjaman bunga rendah adalah suatu  layanan perbankan yang fokus pada penawar kredit  dengan tingkat suku bunga  rendah setiap angsuran. Perlu diketahui  bahwa perbankan ada  bunga yang dibebankan pada debitur dalam setiap pinjaman.

Perbankan dalam hal ini membebankan bunga  tidak tinggi juga  tidak terlalu rendah berkisar tidak lebih 2%, bahkan kurang dari 1% setiap bulannya. Dalam perkembangannya tidak hanya satu  jenis saja melainkan beberapa jenis, yang nantinya dapat  dipilih sesuai kebutuhan  dan berikut penjelasannya:

  1. Kredit Tanpa Agunan(KTA)

Salah satu jenis pinjaman bunga rendah adalah Kredit Tanpa Agunan(KTA) yang sistem layanan pinjaman perbankan tanpa menggunakan agunan atau  jaminan. Model seperti ini  digemari masyarakat lantaran tidak  ada jaminan proses pengajuan  cepat.

Keunggulan lain dengan tingkat suku bunga rendah yang biasanya digunakan  kebutuhan mendesak. Mulai dari pendidikan, modal usaha hingga renovasi rumah, bahkan tidak jarang  KTA untuk pembelian kendaraan dan hiburan

  1. Kredit dengan Agunan(KDA)

 Jenis pinjaman bunga rendah lainnya adalah Kredit dengan Agunan  yang  layanan pinjaman wajb menyerahkan jaminan berupa aset membutuhkan     dana besar.  Biasanya agunan Kredit dengan Agunan  ini  bisa berbentuk sertifikat tanah, sertifikat rumah atau sertifikat gedung.

Hal tidak biasa dalam sebuah layanan pinjaman yang menggunakan agunan adalah proses waktu lama.  Saat pencairan membutuhkan tenor panjang, tetapi bunga lebih rendah  daripada Kredit Tanpa Agunan.

  1. Kredit  Pemilikan Rumah( KPR)

Jenis yang satu ini umumnya digunakan untuk biaya pembelian rumah yang membantu masyarakat  dalam mewujudkan rumah impian.  Tanpa harus susah payah mengeluarkan banyak modal hanya untuk membangun rumah di awal, dengan tenor sampai 25 tahun.

BACA JUGA:Buruan Cek, Pinjol Bunga Rendah Hanya Bermodal KTP Saja, Ada yang Bunganya Hanya 0,1 Persen saja

Masih banyak  hal menarik dari Kredit  Pemilikan Rumah( KPR), selain  simple tanpa perlu modal besar. KPR juga  menawarkan suku bunga  rendah bervariasi tergantung dari kebijakan masing-masing bank,mulai  dari 6-10% per tahun dalam 1-5 tahun pertama.                                                      

  1. Kredit Multi Guna(KMG)

Jenis pinjaman bunga rendah ketiga adalah Kredit Multi Guna yang memiliki persamaan dengan kredit agunan.  Ketika  melakukan pengajuan wajib disertai jaminan atau agunan bisa menjadi  alternatif pilihan sekaligus solusi memenuhi kebutuhan pribadi

  1. Kredit Pembelian Mobil(KPM)

Bukan hanya Kredit  Pemilikan Rumah saja jenis  pinjaman bunga  rendah, ada pula Kredit Pembelian Mobil. Jenis ini, nasabah bisa melakukan pengajuan kredit untuk pembiayaan pembelian kendaraan baru atau  bekas

Persyaratan mudah kemudian prosesnya  cepat menjadi alasan mengapa KPM banyak dipilih konsumen sesuai kebutuhan.  Tidak  semua perbankan menyediakan penawaran produk KPM, namun sejumlah  bank menyediakan layanan.

Itulah  tadi 5 jenis pinjaman bunga rendah mulai dari KTA sampai Kredit Multi Guna yang masing-masing memberikan pinjaman bunga rendah.* Dari kelima jenis pinjaman dapat dipilih sesuai kebutuhan dengan keunggulan masing-masing yang berbeda dan unik dan pasti  membuat nyaman.*

Sumber: