Waw! Setengah Tahun Dinperinaker Catata 13.111 Pencaker di Brebes, Wanita Paling Dominan

Waw! Setengah Tahun Dinperinaker Catata 13.111 Pencaker di Brebes, Wanita Paling Dominan

Kepala Dinperinaker Brebes Warsito Eko Putro.(Istimewa)--

RADAR TEGAL - Dalam kurun waktu setengah tahun atau periode Januari-Juni 2023 Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Dinperinaker) Brebes mencatat 13.111 para pencari kerja (Pencaker). Kebanyakan mereka adalah wanita.

Kepala Dinperinaker Brebes Warsito Eko Putro mengatakan, 13.111 itu merupakan periode Januari hingga Juni 2023. Di mana, Pencaker paling banyak ada pada Mei lalu. Atau setelah libur Lebaran Idul Fitri.

"Kalau di rata-rata setiap bulannya itu hampir 1.000 pencaker. Itu, terlihat dari data dari pemohon kartu pencari kerja atau AK-1," ujarnya.

Dari 13.111 pencaker itu, perempuan paling mendominasi, yakni, 7.170 orang. Sedangkan pria ada 5.941 orang. 

Eko menyebutkan, dari delapan perusahaan yang ada di Brebes untuk kebutuhan tenaga kerja dari periode Juli-Desember 2023 nanti sebanyak 7.997 orang. Dan dari, periode itu kebanyakan paling banyak pabrik membutuhkan tenaga kerja dari wanita.

"Data dari kami peroleh, memang hingga Desember mendatang total ada delapan pabrik yang bakal merekrut tenaga kerja dengan jumlah keseluruhan mencPai 7.997 orang," ucapnya.

Lebih lanjut, kebanyakan orang yang membuat kartu pencari kerja selain untuk mendaftar di pabrik yang ada si Brebes juga mereka untuk melamar di luar daerah. Seperti, Jawa Barat dan Jakarta.

"Banyak dari mereka yang membuat kartu pencari kerja, selain untuk melamar kwrja di Brebes ada juga yang buat melamar kerja di Jakarta, Cikarang, Bekasi dan lainnya," pungkasnya.***

Sumber: