Asal Usul Gunung Merapi dan Mitos yang Terjadi di Sekitarnya Katanya Mengerikan

Asal Usul Gunung Merapi dan Mitos yang Terjadi di Sekitarnya Katanya Mengerikan

Ilustrasi asal usul Gunung Merapi dan mitos yang terjadi di sekitarnya.-(Foto: Tangkapan Layar/Pixabay).-

 

Mitos mistis keraton merapi

 

Dalam perjalanan menuju puncak Gunung Merapi yang anggun, kita juga harus melangkah dalam alur mitos dan kepercayaan yang membentuk sebagian dari identitas gunung ini. 

 

Mitos yang menarik adalah kepercayaan akan keberadaan Keraton Merapi, sebuah kerajaan gaib yang disebut-sebut mengendalikan gunung ini. Di balik mitos ini tersembunyi kisah yang menawarkan pesona magis.

 

Legenda mengatakan bahwa penduduk Keraton Merapi adalah bangsa jin, makhluk gaib yang memiliki kekuatan luar biasa. Cerita beredar bahwa pada masa lampau, Keraton Merapi memiliki keterkaitan erat dengan Kerajaan Mataram. 

 

Bahkan, ada kisah menarik tentang bagaimana Keraton Merapi membantu Kerajaan Mataram menghadapi musuh di masa lalu, seperti saat mereka mengeluarkan letusannya yang menggemparkan untuk mengalahkan Kerajaan Pajang.

 

Tidak hanya itu, sekitar Gunung Merapi terdapat elemen-elemen alam yang dianggap memiliki aura mistis. Hutan-hutan seperti Patuk Alap-Alap dikatakan menjadi tempat penggembalaan ternak Keraton Merapi. 

 

Begitu pula dengan Hutan Gamelan, Bingungan, Pijen, dan Blumbang, yang semuanya dikenal sebagai tempat-tempat angker yang penuh misteri.

 

Sumber: