Asal Usul Gunung Merapi dan Mitos yang Terjadi di Sekitarnya Katanya Mengerikan

Asal Usul Gunung Merapi dan Mitos yang Terjadi di Sekitarnya Katanya Mengerikan

Ilustrasi asal usul Gunung Merapi dan mitos yang terjadi di sekitarnya.-(Foto: Tangkapan Layar/Pixabay).-

Cerita asal usul Gunung Merapi mengajak kita melintasi lorong waktu menuju masa lalu, ke zaman di mana gunung ini belum dikenal sebagai "Merapi." 

 

Berdasarkan catatan kuno dan cerita turun-temurun, Gunung Merapi pernah memiliki nama "Jamurdwipa" dan berlokasi di Laut Selatan Jawa. 

 

Di ketinggian mencapai 2.930 meter, gunung ini memiliki kisah yang menarik tentang bagaimana ia menjadi bagian penting dari lanskap Pulau Jawa.

 

Menurut legenda, Gunung Merapi dijaga dengan penuh dedikasi oleh sepasang kakak beradik yang mahir dalam seni pengrajin keris. 

 

Saat itu, Pulau Jawa hampir tenggelam akibat pergeseran benua yang cenderung ke arah barat. Dewa-dewa pun merasa perlu untuk menjaga keseimbangan alam dengan memindahkan gunung dari posisinya yang asalnya di Laut Selatan ke tengah pulau.

 

Namun, kakak beradik pengrajin ini tengah sibuk mengerjakan keris-keris penting dan meminta waktu untuk menyelesaikan pekerjaan mereka. 

 

Mereka mengingatkan para dewa bahwa memindahkan gunung dalam keadaan perapian masih menyala akan membawa petaka abadi bagi dunia. 

 

Namun, permohonan mereka tidak diindahkan, dan gunung pun dipindahkan.

Sumber: