Motivasi Mahasiswa Universitas Pancasila, Ganjar Singgung Ketangguhan Mental dan SDM Unggul

Motivasi Mahasiswa Universitas Pancasila, Ganjar Singgung Ketangguhan Mental dan SDM Unggul

Ganjar Pranowo saat memberikan motivasi kepada mahasiswa Universitas Pancasila Jakarta.-Humas Pemprov Jateng-

RADAR TEGAL - Pembangunan sumber daya manusia (SDM) menjadi hal yang pertama dan utama untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045. 

Namun tak hanya membangun kecerdasan intelektual, hal yang tak boleh dilupakan dalam pembangunan sumber daya manusia adalah ketangguhan dan kesehatan mental.

Hal itu disampaikan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, ketika memberikan motivasi pada ribuan mahasiswa baru Universitas Pancasila Jakarta, Senin 28 Agustus 2023. 

Hadir dalam acara itu, Rektor Universitas Pancasila, jajaran akademisi dan sejumlah tokoh nasional.

BACA JUGA:Ketemu Ganjar Naik Kereta Api ke Jakarta, Warga Kian Ngefans: Kok Nggak Seperti Capres Lain Pak?

BACA JUGA:Hadiri Muswil, Atikoh Ganjar Gandeng Nasyiatul Aisyiyah Turunkan Angka Stunting

"Menyongsong bonus demografi dan Indonesia Emas 2045, maka pembangunan manusia harus menjadi program utama dan pertama, sekaligus infrasturktur untuk mendukung inovasi ke depan. Namun yang tidak boleh dilupakan, pembangunan manusia tidak hanya menuntut manusia berkembang dalam hal intelektual, tapi juga ketahanan mental," kata Ganjar.

Persoalan mental atau mental health ini. lanjut Ganjar. sangat penting dikelola dengan baik. 

Sebab, studi Divisi Psikitriatri dan Remaja Universitas Indonesia menyebutkan, usia 12 sampai 24 tahun adalah periode kritis persoalan mental.

"Maka tak heran sekarang banyak kita temukan anak muda yang stress, kecanduan narkoba bahkan ada yang sampai bunuh diri. Maka itu harus dicegah, kualitas kesehatan mental harus kita jaga untuk mendukung kemajuan inovasi dari generasi muda kita," tegasnya.

BACA JUGA:Ganjar Minta Pemuda Muhammadiyah Jadi Kelompok untuk Kontrol Sosial

BACA JUGA:Apel Siaga Konsolidasi Pemenangan PDIP Jateng, Ganjar dan Puan Kobarkan Semangat Kader

Peran orangtua, guru, teman dan keluarga sampai orang terdekat lanjut Ganjar sangat penting untuk menjaga generasi muda Indonesia dari persoalan kesehatan mental. 

Sumber: