Dibalik Misteri Gunung Slamet yang Angker Penuh Mistis dan Mitos , Kini Telah Jadi Destinasi Wisata Indah

Dibalik Misteri Gunung Slamet yang Angker Penuh Mistis dan Mitos , Kini  Telah Jadi Destinasi  Wisata Indah

Jalur Pendakian Guci Gunung Slamet-Instagram@slametmountain-

RADARTEGAL.DISWAY.ID-Secara geografis Gunung Slamet terletak 5 wilayah yaitu Kabupaten Banyumas,  Brebes, Tegal. Kemudian masuk  Kabupaten Purbalingga dan Pemalang, tetapi tahukah  dibalik Gunung Slamet yang  angker penuh mistis dan  mitos ini kini kawasan lereng telah jadi destinasi  wisata mempesona.

Memiliki  ketinggian 3.432 meter dari permukaan laut dan gunung tertinggi kedua di Pulau Jawa. Samudera awan dari ketinggian belum lagi  sekarang, ada taman outdoor lengkap dengan motor ATV, jembatan kaca dan taman langit. Bukit Tangkepan salah satu destinasi wisata menghiasi lereng Gunung  Slamet yang dikenal angker penuh mistis  dan mitos.

6 Jalur Pendakian Resmi Gunung  Slamet

Ketika mendaki Gunung Slamet ada setidaknya 6 jalur  resmi yakni jalur Bambangan, Baturaden Guci,Kaliwadas, jalur Dipajaya  dan jalur  Cemara Sakti.Dari keenam jalur tersebut jalur Bambangan hanya Bambangan paling favorit lantaran jarak dekat  kemudian trek  sudah dikelola dengan baik.

Alasan lain banyak memilih  jalur Bambangan lantaran treknya sudah dikelola  dengan baik hanya  membutuhkan 7-8  jam menuju puncak Surono. Ada 9  pos bacecamp dan  masalah sumber air ada di pos 7

Sejuta Misteri Gunung Slamet

 Gunung berada diwilayah 5 kabupaten ini sejak dahulu memiliki sejuta  misteri yang penuh mistis  tidak bisa dilihat dari  kasat mata orang biasa. Sejuta misteri Gunung Slamet memang perlu ditelusuri dan dijelajahi mengungkap apa  yang terjadi sebenarnya

BACA JUGA:Mitos Sungai Cisadane, Benarkah Menjadi Tempat Makhluk Gaib Berkeliaran?

Hal ini menantang siapa saja , termasuk  para pendaki yang selalu mencari  keindahan dengan  cara ekstrem. Beberapa lokasi sepanjang  lereng  sampai puncak Gunung Slamet akan menjumpai tempat angker dan penampakan membuat bulu kudu  merinding.

  1. Pos  4 Samarantu

Lokasi dilereng Gunung Slamet  paling angker adalah pos 4  Samarantu  yang dikenal, sebagai tempat istirahat  sebelum  mencapai puncak Surono. Menurut para  pendaki lokasi pos 4 ini tidak boleh disinggahi ketika melewati menuju pos 5.Alasannya di pos 4 ada penunggunya, bahkan disebut sebagai lokasi tempat kumpulan astral dan kerajaan. Pintu gerbang kerajaan ditandai dua pohon besar  berdiri sejajar mirip pintu gerbang

   2. Air  Terjun Guci

Dibalik Gunung Slamet yang  angker penuh mistis dan  mitos  adalah  air  terjun Guci berlokasi kawasan lereng juga misteri. Ada  yang menyebut ada kekuatan supranatural, bahkan sebagian masyarakat mengatakan siapapun yang cuci muka  bisa awet muda.

3.Manusia Kerdil

Gunung Slamet memang begitu mistis terlihat dari keberadaan manusia kerdil yang bersikap  seperti  binatang.  Namun, takut ketika melihat  manusia sebagaimana dialami pendaki berkemah di kawasan Gunung  Slamet. Makanan milik para pendaki tiba-tiba hilang tanpa bekas kemungkinan diambil manusia kerdil.

Pesona  Gunung Slamet Dibalik Mistis  dan Mitos

Gunung Slamet dikenal sejak  dahulu menyimpan sejuta misteri dan mistis. Sebut saja  pos  4 Samarantu yang sebagian orang ada kerajaan sakral kemudian manusia kredil, pasar setan dan masih banyak lagi.

BACA JUGA:Selain Mitos Gunung Slamet Via Guci, Adapun Beberapa Larangan yang Kena Dipatuhi Saat Mendaki Gunung Tersebut

Walaupun populer karena aura mistis yang  seram, bahkan ada yang bilang Gunung Slamet paling angker di Jawa Tengah. Namun, dibalik itu menyimpan keindahan alam menawan dari Baturraden di Purwokerto, Bukit Tangkepan di  Pemalang hingga desa wisata Cempaka di Kabupaten Tegal.

Baturraden

Berlokasi di Kota Purwokerto ini, Baturraden menghadirkan berbagai wahana seperti bioskop theater alam yang dikemas dalam pesawat terbang jenis Foxer   28 milik Garuda Indonesia hingga flying fox, kolam renang dan sepeda air.

Puncak Sandaren Purbalingga

Sekitar lereng Gunung Slamet menyimpan pesona alam menawan salah satunya  Puncak Sandaren Purbalingga.  Ada banyak  spot wisata  instagenic untuk mendapatkan foto terbaik  di puncak bukit dengan sejumlah fasilitas warung wisata, gazebo hingga camping area                                     

Bukit  Tangkeban Pemalang

Lereng Gunung Slamet di bagian wilayah Kabupaten Pemalang memang eksotif  yang kini menjelma sebagai wahana bermain  populer dengan nama Bukit Tangkeban.,Ketinggian 1250 mdpl  ini dihiasi berbagai wahana bermain dari mulai Taman Langit, Jembatan Langit sampai cafe. 

Tentu  menjadi alternatif pilihan setelah capek mendaki Gunung Slamet langsung bisa bermain di sinItulah Dibalik Gunung Slamet yang  angker penuh mistis dan  mitos  menyimpan keindahan alam yang  mempesona  dari Baturraden di Puwokerto, Puncak Sandaren Purbalingga dan Bukit  Tangkeban Pemalang.*

 

Sumber: