2 Mitos Situs Ratu Boko, Konon Punya Ayah Roro Jonggrang dan Ratu Balqis

2 Mitos Situs Ratu Boko, Konon Punya Ayah Roro Jonggrang dan Ratu Balqis

Mitos Situs Ratu Boko: Keraton Ratu Boko dari Kerajaan Prambanan dan Istana Ratu Balqis dari Kerajaan Saba--

BACA JUGA:5 Mitos Arca Durga di Candi Prambanan, Konon Bikin Jodoh Dekat, Siapakah Sosoknya?

BACA JUGA:2 Wujud Situs Ratu Boko, Tempat Bertapa Jadi Benteng Akibat Rebutan Tahta

Itu semua sebenarnya adalah mitos yang diciptakan masyarakat zaman Jawa madya pasca Majapahit dan dituangkan dalam Babad Tanah Jawi (1788/1874). 

Untuk sejarah zaman klasik, termasuk Medang hingga Majapahit, Babad Tanah Jawi adalah sumber sekunder yang harus ditolak.

2. Istana Ratu Balqis

Jawa pernah digempar isu bahwa situs ini adalah istana Ratu Balqis atau Bilqis, yakni tamu Nabi Sulaiman. Isu ini muncul karena situs ini berlokasi di Sleman, yang berasal dari nama Sulaiman.

Selain itu, Ratu Balqis merupakan penguasa Saba, yang katanya berasal dari nama Wonosobo. Wonosobo sendiri berasal dari dua kata, yakni Wono 'hutan' dan Sobo 'Saba', artinya hutan Saba di Jawa.

BACA JUGA:4 Fakta Menarik Rupadhatu di Candi Banyunibo, Salah Satunya Ada Tahta Buddha

Namun, itu hanyalah sebuah mitos dan cocoklogi. Nabi Sulaiman, yang dalam sejarah dikenal sebagai Raja Salomo, menurut sejarawan Susan Wise Bauer, meninggal sekitar abad 10 SM.

Sementara itu, situs ini menurut Prasasti Abhayagiri Wihara, baru dibangun pada abad 8 M. Hal yang sama juga sempat terjadi di Candi Borobudur, yakni ada relief sosok yang kakinya terlihat dan ada ikan di bawahnya.

Relief tersebut diisukan sebagai Ratu Balqis yang mengangkat kainnya. Padahal relief itu jelas sosok Boddhisatwa lengkap dengan sirascakra-nya, dan itu 1 dari 120 panel lalitavistara, atau kehidupan Buddha Gautama, asli cerita Buddhis.

BACA JUGA:2 Wujud Situs Ratu Boko, Tempat Bertapa Jadi Benteng Akibat Rebutan Tahta


pinjol pinjaman online -RTG-radartegal

Demikian, informasi mengenai Situs Ratu Boko yang dipercaya sebagai keraton Ratu Boko dan istana Ratu Balqis. Semoga bermanfaat bagi Anda yang ingin tahu tentang mitos dan kisah mistis di Indonesia, tepatnya di tanah Jawa.***

Sumber: youtube asisi channel