Kisah Perjuangan Band Indonesia The Jansen yang Sukses Bawakan Musik Punk 1970-an Ke Telinga Gen Z

Kisah Perjuangan Band Indonesia The Jansen yang Sukses Bawakan Musik Punk 1970-an Ke Telinga Gen Z

Kisah Kesuksesan Band Indonesia The Jansesn Bawakan Musik Beraliran Punk-Rock ke Telinga Gen Z--Picture By: The Jansen

RADAR TEGAL - Artikel ini akan membahas bagaimana kisah band asal kota hujan The Jansen Indonesia yang sukses bawakan industri musik punk ke telinga generasi muda tanah air. Begini kisah mereka.

Siapa sangka band asal Bogor The Jansen bisa membuat generasi muda tanah air terpukau dengan alunan musik genre punk.

The jansen sendiri merupakan salah satu band yang beraliran punk-rock yang pertama dibentuk pada tahun 2015.

Nama The Jansen terinspirasi dari lagu "Hey Jansen" yang dipopulerkan oleh The Kuda, band punk-rock asal Bogor yang menghiasi soudtrack film Rocket Rain garapan sineas Anggun Priambodo pada tahun 2013.

Dengan beranggotakan 4 orang yakni Cintarama Bani Satria sebagai vokalis dan gitaris, Adji pamungkas sebagai basis, Aduy sebagai drumer dan Nina Karina yang merupakan personil yang baru bergabung di tahun 2022 kemarin sebagai vokalis dan gitaris.

Band asal Bogor tersebut mengakui kalau musiknya terinspirasi dari band-band punk lawas era 1970-an seperti The Undertones, Ramones, Wire, serta berbagai band lain seperti Killed by Death dan band lainnya yang beraliran sama.

Sebagai band yang beraliran Punk, Band Jansen merilis album pertama mereka pada tahun 2016 sekaligus menjadi awal debut mereka. Album mini debut mereka yang berjudul From Bogor to Japan dilabeli label Fatamor Record yang diformat kedalam bentuk kaset pita.

BACA JUGA:Bikin Gemes! Hwang Min Hyun Main Bareng Cha Woo Min dan Han Ji Eun Di Drakor Adaptasi Webtoon Study Group

Selanjutnya kembali merilis alum yang berjudul Present Continuous yang dirilis dengan menggunakan format yang sama yakni kaset pita pada tanggal 13 april 2017 dan dilabeli oleh label lokal Bogor, Tromagnon Record.

Dengan kesuksesan album-album sebelumnya The Jansen tak berhenti berkarya. Mereka kembali merilis album yang kini dinamakan Say Say Say  di publish dan didistribusikan secara mandiri dengan format kaset di tahun 2019.

Ditahun 2022 kemarin The Jansen memunculkan almbum mereka kembali dengan perilisan album yang berjudul Banal Semakin Binal bersamaandengan label rekaman demajors.

Begitulah kisah The Jansen seterusnya sampai mereka membuat kita generasi muda jatuh cinta dengan musiknya yang beraliran Punk-Rock.

Sedikit tentang musik yang beraliran punk-rock.

Punk rock adalah genre musik rock yang muncul pada akhir 1970-an di Amerika Serikat dan Inggris. Genre ini dicirikan oleh penggunaan gitar listrik, gitar bas, dan drum, serta vokal yang keras, agresif, dan sering kali berteriak. Lirik lagu punk rock biasanya bertemakan politik, sosial, atau pribadi.

Sumber: