Kisah Mistis Gunung Lawu Berikan Larangan Kenakan Baju HijauSaat Mendaki

Kisah Mistis Gunung Lawu Berikan Larangan Kenakan Baju HijauSaat Mendaki

Kisah Mistis Gunung Lawu--Pictures By: Kompasiana.com

RADAR TEGAL - Artikel ini membahas beberapa kisah mistis Gunung Lawu yang berada di Jawa Tengah yang salah satunya ialah dilarang mengenakan baju atau kaos yang berwarna hijau.

Gunung Lawu merupakan salah satu gunung berapi aktif dari sekian banyak gunung yang berada di Provinsi Jawa Tengah.

Menariknya gunung ini menjadi pembatas wilayah antara Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur. Gunung ini sejatinya berlokasi di antara 3 kabupaten yakni Kabupaten Karanganyar, Kabupaten Ngawi, dan Kabupaten Magetan.

Dengan ketinggian dari Gunun Lawu yang mencapai 3.265 meter di atas permukaan laut menjadikan gunung ini salah satu tempat wisata favorit wisatawan.

Namun terlepas dari aspek wisata dan keaktifan gunung ini sebagai gunung berapi. Ada kisah mistis Gunung Lawu yang hingga saat ini masih dipercaya watga setempat dan para pendaki yang telah melakukan pendakian si spot gunung ini.

Selain itu, menurut kesaksian warga yang tinggal di sekitaran gunung ini mengatakan bahwa terdapat kejadian-kejadian mistis yang sulit dicerna akal. 

Tak luput para pendaki juga mengatakan ada kisah mistis Gunung Lawu yang pernah dialami mereka saat melakukan pendakian di gunung tersebut.

Berdasarkan artikel katadata.co.id, berikut 3 kisah mistis Gunung Lawu yang sampai sekarang masih dipercaya warga sekitar.

3 Kisah Mistis Gunung Lawu

1. Legenda Burung Kyai Jalak

Burung Jalak adalah salah satu legenda yang populer di Gunung Lawu. Burung ini dipercaya akan menampakkan diri kepada pendaki yang sopan dan berniat baik. Masyarakat sekitar percaya bahwa kedatangan pendaki yang diikuti oleh burung Jalak adalah tanda bahwa mereka disambut oleh para penguasa.

Legenda burung Jalak berasal dari kisah Prabu Brawijaya V dan penjaga setianya. Sunan Gunung Lawu dan Kyai Jalan dipercaya masyarakat sekitar benar-benar ada. Konon, Kyai Jalak berubah menjadi seekor burung jalak.

BACA JUGA:Mitos Terseram Gunung Kidul, Konon Terdapat Batu Berwarna Merah yang Diyakini Perwujudan Arwah Orang Meninggal

2. Cerita Dilarang Mengenakan Baju Warna Hijau dan Mendaki Dengan Jumlah Ganjil

Sumber: