Misteri Jembatan Kalipah di Jalur Pantura Tegal, dari Gendong Pengantin, Buaya Putih, sampai Buang Koin

Misteri Jembatan Kalipah di Jalur Pantura Tegal, dari Gendong Pengantin, Buaya Putih, sampai Buang Koin

Misteri Jembatan Kalipah di Tegal sering diidentikan dengan keberadaan ratu siluman buaya putih sebagai penunggunya.--

RADAR TEGAL - Jembatan Kalipah di Tegal merupakan salah satu jembatan yang berada di Jalur Pantura. Kita yang sering lalu-lalang melintasi Jalur Pantura Kabupaten Tegal, pasti sudah tak asing lagi dengan jembatan yang satu ini.

Jembatan tersebut dinamai sesuai dengan aliran sungai di bawahnya, yang berada tepat di Jalan Raya Tegal-Pemalang KM 5. Dari banyaknya cerita yang berkembang, jembatan ini merupakan salah satu tempat angker di Kabupaten Tegal.  

Selain angker, banyak cerita yang beredar di masyarakat tentang Jembatan Kalipah di Tegal ini. Mulai dari mitos siluman buaya putih, membunyikan klakson, menggendong pengantin yang melintas, sampai membuang uang koin secara turun temurun.

Dari sejumlah mitos dan cerita misteri itu, kemunculan siluman buaya putih yang kerap di sebut-sebut paling bikin merinding. Pasalnya, tidak sedikit orang yang mengait-kaitkan kemunculannya dengan ritual pesugihan. 

BACA JUGA:Tempat Mistis di Tegal yang Bikin Merinding! Salah Satu Tempat Pernah Jadi Saksi Bisu Pembantaian Kader PKI

Misteri Jembatan Kalipah Tegal

Jembatan ini merupakan bangunan peninggalan zaman penjajahan Belanda, yang merupakan akses transportasi penting di Jalur Pantura. Tetapi seiring berjalannya waktu, misteri dan cerita-cerita mistis tentang jembatan tersebut mulai menyebar di kalangan masyarakati. 

Warga dan masyarakat sekitar, mempercayai Jembatan Kalipah sebagai tempat tinggal siluman buaya putih. Mereka percaya siluman buaya putih sebagai roh penunggu jembatan yang menjaga keseimbangan alam di sekitarnya.

Mitops tersebut menyebar di masyarakat sekitar, diturunkan dari generasi ke generasi. Sehingga sampai dengan saat ini masih menjadi bagian dari kepercayaan, dan kebudayaan masyarakat Desa Padaharja Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal.

Banyak paranormal yang melakukan penelitian di sekitar Jembatan Kalipah. Mereka mencari bukti-bukti keberadaan energi supranatural, atau jejak kehadiran siluman buaya putih yang dipercayai masyarakat.

BACA JUGA:Mitos Jembatan Kalipah di Pantura Tegal, Siluman Buaya Putih hingga Tumbal Pesugihan

Beredar luas dari mulut ke mulut

Misteri salah satu jembatan di Jalur Pantura dan legenda siluman buaya putih telah menarik minat para penjelajah dan penggemar cerita misteri. Banyak orang yang datang dari berbagai daerah untuk merasakan sensasi mistis di sekitarnya.

 

Sumber: