15 Mitos dalam Kehidupan Masyarakat Jawa, Nomor 6 Sering Ngga Sengaja

15 Mitos dalam Kehidupan Masyarakat Jawa, Nomor 6 Sering Ngga Sengaja

Mitos dalam kehidupan masyarakat Jawa--

Jika ada burung gagak yang terbang di sekitar atau hinggap di atap rumah, itu dianggap sebagai tanda buruk. 

Mitos ini mengatakan bahwa hal itu bisa menjadi pertanda bahwa penghuni rumah akan mengalami penyakit serius atau bahkan meninggal dunia.

4. Nyapu tidak bersih akan mendapat suami brewokan

Mitos ini sering ditemui oleh banyak gadis. Saat kita sedang membersihkan rumah dengan sapu, mungkin sudah pernah mendengar cerita tentang hal ini.

Meski begitu, menjaga kebersihan rumah tetaplah penting. Oleh karena itu, ketika kita sedang menyapu, sebaiknya tidak ada pekerjaan setengah jadi, melainkan harus diselesaikan hingga benar-benar bersih.

BACA JUGA:Sejarah Perjalanan Syekh Syuro dalam Penyebaran Agama Islam di Tanah Jawa yang Jarang Diketahui

5. Menyapu namun ditinggal

Menurut mitos yang masih dipercayai dan sering digunakan untuk menginspirasi anak perempuan di desa, jika mereka menyapu tetapi tidak menyelesaikannya, dikatakan bahwa jodohnya akan pergi.

6. Bersiul di malam hari dapat memanggil setan

Mungkin, tanpa disadari, kita pernah bersiul di malam hari dan kemudian ditegur oleh orang yang lebih tua. Mereka sering mengatakan bahwa bersiul di malam hari bisa mengundang setan. 

Meski begitu, perlu diingat bahwa bersiul di malam hari sebenarnya bisa mengganggu istirahat keluarga atau tetangga.

7. Dilarang memotong kuku saat malam hari

Banyak orang tua menghindari memotong kuku di malam hari, dan ini ada hubungannya dengan mitos dari zaman dulu ketika lampu belum tersedia seperti sekarang. Pada waktu malam, cahaya kurang, jadi memotong kuku jadi lebih sulit.

Tapi juga perlu diingat, saat memotong kuku di malam hari, bisa meninggalkan kekotoran di sekitar rumah. Bahkan ada yang percaya bahwa membersihkan rumah di malam hari tidak dianggap baik.

BACA JUGA:Tragedi Pendaki dengan Jumlah Ganjil di Gunung Bondang: dari Legenda Jadi Nyata?

Sumber: