Cuma Butuh KK dan KTP Cairkan 2 Bansos Mulai September 2023, Begini Cara Ceknya

Cuma Butuh KK dan KTP Cairkan 2 Bansos Mulai September 2023, Begini Cara Ceknya

Ilustrasi. Cara cek penyaluran bansos yang disalurkan Kemensos mulai September 2023-freepik-

Jika Anda ingin cek nama Anda sebagai penerima bansos yang disalurkan mulai September 2023 ini lewat Pos atau Bank Himbara, silahkan bisa mengakses situs www.cekbansos.go.id.

BACA JUGA : 8 Penyebab Usulan Penerima Bansos Ditolak, Tidak Layak Terima Bantuan Sosial Atau Kesalahan Input Data

Anda bisa login ke situs tersebut dan isi seluruh data yang tertera pada web untuk melakukan pengecekan penerima manfaat. Mulai dari memasukan provinsi, kabupaten, kecamatan, dan desa/kelurahan. 

Kemudian, masukan nama PM atau Penerima Manfaat sesuai KTP, ketik 4 huruf kode yang ada di dalam kotak kode, kemudian cari data. Jika Anda termasuk penerima, maka akan muncul data diri Anda di situs tersebut.

Sementara itu, jika Anda belum memiliki akun untuk masuk ke situs cekbansos, silahkan melakukan pendaftaran akun agar bisa mengakses isi website cekbansos. Anda bisa melengkapi persyaratan yang tertera pada situs saat melakukan pendaftaran.

Selain itu, Anda juga bisa menanyakan langsung kepada TKSK atau pendamping sosial PKH yang ada di wilayah Anda berdasarkan domisili yang tertera di KTP.

Nantinya, mereka akan membantu mengecek apakah Anda termasuk penerima bansos yang disalurkan Kemensos mulai September 2023.

Untuk penyaluran dua bansos reguler tersebut akan cair berbarengan baik itu lewat Pos atau Bank Himbara. Artinya, KPM atau Keluarga Penerima Manfaat bisa mendapatkan dua bansos antara PKH dan BPNT Sembako bersamaan.

Demikian informasi untuk penyaluran bansos dari Kemensos yang akan disalurkan mulai September 2023 beserta cara cek data penerimanya. Semoga artikel ini bermanfaat. (*)

Sumber: