Selain Leak, Ini 9 Makhluk Mitologi di Bali yang Punya Mitos dan Wujud Seram

Selain Leak, Ini 9 Makhluk Mitologi di Bali yang Punya Mitos dan Wujud Seram

Ilustrasi. Makhluk mitologi Bali yang dipercaya masyarakat-freepik-

RADAR TEGAL – Beberapa makhluk mitologi di Bali ini memiliki mitos dan wujud yang menyeramkan. Keberadaannya juga masih masyarakat percaya dari generasi ke generasi. 

Salah satu makhluk mitologi di Bali yang paling terkenal dengan mitos dan wujud menyeramkan adalah Leak. Konon, Leak ini merupakan sosok jadi-jadian yang bisa berubah dalam bentuk makhluk apapun tergantung tingkat ilmu hitamnya.

Selain Leak, ada lagi 9 makhluk mitologi di Bali yang cukup terkenal yang juga memiliki mitos dan wujud menyeramkan. Berikut ini melansir dari berbagai sumber untuk pembahasannya.

9 makhluk mitologi di Bali yang punya mitos dan wujud menyeramkan

1) Barong

Barong merupakan salah satu makhluk mitologi setelah Leak yang menjadi ciri khas Pulau Bali. Ia merupakan gambaran yang mewakili tindakan baik manusia.

Barong adalah pasukan kebaikan untuk melawan Rangda. Sosok Barong digambarkan dalam makhluk yang berbulu lebat serta kepala yang mirip singa, gajah, atau babi.

2) Rangda

Merupakan musuh dari Barong, Rangda dipercaya merupakan perwujudan Dewi Durga. Masyarakat juga percaya bahwa sosok ini merupakan ratu dari para Leak.

BACA JUGA : 10 Mitos dan Larangan di Bali yang Masih Dipercaya Masyarakat, Hati-hati Kalau Mau Liburan!

Sosok Rangda digambarkan seperti wanita menyeramkan, dengan lidah panjang menjulur keluar, memiliki taring tajam beserta kuku yang panjang dan tajam.

Dalam pertujunkan seni, sosok Rangda digambarkan sedang bertarung dengan Barong, yang merupakan representasi antara sifat baik dan buruk manusia.

3) Garuda

Makhluk mitologi berikutnya yang dipercaya di Bali merupakan sosok yang mendapatkan pengaruh dari budaya Hindu India.

Sumber: