6 Misteri Gunung di Pulau Jawa yang Melegenda sampai Sekarang, Dua Diantaranya Dibawa Langsung Dewa dari India

6 Misteri Gunung di Pulau Jawa yang Melegenda sampai Sekarang, Dua Diantaranya Dibawa Langsung Dewa dari India

Legenda dan misteri gunung di Pula Jawa masih banyak yang mempercayainya hingga kini sebagai kearifan lokal masyarakat di sekitar gunung.--

Dalam legenda dan misteri gunung di Pulau Jawa yang paling merakyat itupun, diceritakan Sangkuriang menyanggupinya. Dengan kesaktiannya ternyata Sangkuriang hampir menyelesaikan tantangan dari sang ibundanya tersebut.

Menyadari hal itu, Dayang Sumbi lalu segera menyuruh ayam untuk segera berkokok sebagai tanda waktu Subuh sudah tiba. Sangkuriang yang merasa gagal lalu marah besar, dan menendang perahu yang dibuatnya hingga terbang serta jatuh tengkurap.

6. Gunung Slamet

Terakhir ada Gunung Slamet yang memiliki legenda dan cerita tak jauh berbeda dengan asal usul terciptanya Gunung Semeru. Konon Gunung Slamet adalah sebuah gunung yang ditancapkan dewa di Tanah Jawa sebagai penyeimbang.

Karena itu, Gunung Slamet memiliki keistimewaan lantaran para dewa yang menempatkannya tepat di tengah-tengah Pulau Jawa. Keistimewaannya tersebut sejalan dengan penamaan slamet yang artinya adalah selamat.

Keberadaan gunung tertinggi di Jawa Tengah itu oleh masyarakat Pulau Jawa dianggap sebagai pembawa keselamatan. Namun, sebuah mitos mengerikan dipercaya oleh masyarakat tentang vitalnya posisi Gunung Slamet.

Misteri gunung di Pulau Jawa itu menyebutkan ramalan Prabu Joyoboyo, seorang raja dari Kerajaan Kediri. Konon dia mengatakan jika gunung Slamet meletus maka Pulau Jawa akan terbelah menjadi dua. (*)

Sumber: