6 Misteri Gunung di Pulau Jawa yang Melegenda sampai Sekarang, Dua Diantaranya Dibawa Langsung Dewa dari India

6 Misteri Gunung di Pulau Jawa yang Melegenda sampai Sekarang, Dua Diantaranya Dibawa Langsung Dewa dari India

Legenda dan misteri gunung di Pula Jawa masih banyak yang mempercayainya hingga kini sebagai kearifan lokal masyarakat di sekitar gunung.--

RADAR TEGAL - Banyaknya gunung-gunung di Indonesia, ternyata juga mempunyai legenda asal usulnya masing-masing. Termasuk legenda tentang misteri gunung di Pulau Jawa, yang masih dipercaya hingga saat ini

Selain karena secara tofografis wilayah Indonesia merupakan daerah pertemuan lempengan bumi, juga karena banyaknya legenda tentang gunung secara turun temurun. Sehingga menjadi kekayaan  budaya dengan banyaknya cerita dan legenda di masyarakat.

Legenda menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah kata yang berarti cerita rakyat pada zaman dahulu, yang ada hubungannya dengan peristiwa sejarah. Legenda dan misteri gunung di Pulau Jawa itu hingga kini masih mengakar hingga generasi ke generasi.

Apalagi cerita-cerita tersebut berkaitan erat dengan asal usul terbentuknya, berdirinya, hingga terciptanya sebuah gunung. Meskipun legenda dan cerita-cerita tersebut tidak nyata, tetapi banyak makna yang terkandung di dalamnya.

6 misteri gunung di Pulau Jawa

Sebagian besar legenda dan cerita gunung di Indonesia, berasal dari kepercayaan agama Hindu dan Budha. Beberapa di antaranya merupakan cerita yang berlatar belakang masa-masa zaman keemasan kerajaan-kerajaan di Nusantara, di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Gunung Bromo

Salah satu gunung yang menjadi daya tarik wisata di Jawa Timur adalah Gunung Bromo. Gunung ini berada di dalam kaldera raksasa yang disebut Kaldera Tengger. Nama Tengger diambil dari akhiran nama dari pasangan Roro Anteng dan Joko Seger.

Joko Seger sendiri merupakan pasangan suami istri yang tak kunjung dikaruniai anak, yang kemudian diberi 25 orang anak oleh sang dewa. Namun, syaratnya satu di antaranya harus dikorbankan. 

Maka dipiilihlah salah satu anaknya yang terakhir bernama Jaya Kusuma dan diceburkan ke kawah sebuah gunung. Sejak saat itulah kemudian tempatnya disebut gunung Bromo, dan hingga kini, peristiwa itu dikenal sebagai sebuah tradisi mengorbankan harta benda ke dalam kawah Bromo.

Tradisi tersebut adalah Kasada, yang menjadi salah satu kearifan lokal warga tentang misteri gunung di Pulau Jawa

2. Gunung Semeru

Gunung Semeru adalah gunung tertinggi di Pulau Jawa, yang asal usulnya sangat erat dengan kepercayaan keberadaan dewa-dewa. Legenda yang dikisahkan turun temurun menyebutkan Dewa Wisnu dan Brahma tengah membawa gunung raksasa dari Jawadwipa (India) menuju ke Jawa.

Tanah Jawa dipilih mereka berdua, karena lokasinya yang subur untuk dijadikan pusat kehidupan masyarakat selanjutnya. Gunung tersebut akan diletakan di Tanah Jawa, karena saat itu Pulau Jawa tengah terombang-ambing di lautan.

Sumber: