Mitos Sungai Serayu dan Air Tuk Bima Lukar yang Konon Bikin Awet Muda, Mau Bukti?

Mitos Sungai Serayu dan Air Tuk Bima Lukar yang Konon Bikin Awet Muda, Mau Bukti?

AIR JERNIH - Seorang gadis membasuh tangan di salah satu pancuran Tuk Bima Lukar Wonosobo.-Tangkapan Layar-Instagram @ummaazzahra

RADAR TEGAL- Mitos Sungai Serayu dan Tuk Bima Lukar saling terkait antara satu dengan yang lain.  Ini merupakan salah satu mata air yang menjadi sumber aliran Sungai Serayu. 

Banyak yang percaya jika air Sungai Serayu memiliki mitos membuat awet muda. Mitos tersebut berkembang seiring legenda Tuk Bima Lukar.

Sesuai namanya, mata air ini ada hubungan dengan salah satu anggota Pandawa dalam kisah pewayangan, Bima. Sosok Bima sendiri memang sangat erat kaitannya dalam mitos Sungai Serayu.

Selain Sunan Kalijaga, mitos Sungai Serayu juga menyebut Bima sebagai sosok yang mengawali penamaan Sungai Serayu. Bahkan, ada kisah tentang kemunculan sungai ini yang berasal dari air seni Bima.

BACA JUGA:Mitos Sungai Serayu dan Sunan Kalijaga, di Masa Lalu Dikenal Jadi Habitat Buaya

BACA JUGA:Misteri di 3 Mandala Candi Penataran, Candi Megah nan Besar di Jawa Timur

Di luar mitos tersebut, air Tuk Bima Lukar konon membuat awet muda menjadi salah satu daya tarik Sungai Serayu. Karena sudah ada sejak abad ke-8 Masehi, sumber mata air ini pun masuk dalam kategori mata air purba.

Berada di Desa Dieng Wetan Kecamatan Kejajar Kabupaten Wonosobo, air mata purba peninggalan Mataram Kuno abad ke-8 ini cukup terkenal di kalangan wisatawan. Terutama bagi mereka yang menyukai wisata sejarah dan mitos Sungai Serayu.

Banyak masyarakat percaya, mata air Sungai Serayu ini akan membuat awet muda siapa saja yang mandi dan membasuh muka di tempat tersebut. Airnya yang jernih dan dingin diyakini punya khasiat yang mujarab.

Karenanya jangan heran jika pengunjung tempat tersebut tidak akan melewatkan untuk membasuh muka atau mandi dengan air Tuk Bima Lukar. Mereka percaya, air jernih yang segar dan dingin itu bisa memberi pengaruh yang bagus bagi kulit.

BACA JUGA:Mitos Gunung Slamet Meletus Bikin Warga Merinding, Antara Ramalan dan Patahan Purba

BACA JUGA:Danau Tak Terlihat di Puncak Berapi Gunung Rajabasa, Fakta atau Mitos?

Tuk Bima Lukar yang menjadi bagian mitos Sungai Serayu sendiri merupakan situs bersejarah penuh  misteri. Ini juga bagian dari bangunan sejarah. 

Menjadi salah satu situs peribadatan umat Hindu, situs sejarah ini disebut ada di masa Mataram Kuno. Sayangnya, tidak diketahui secara pasti Tuk Bima Lukar ada pada masa pemerintahan Mataram Kuno kepemimpinan siapa.

Catatan sejarah yang menyebut soal ini hanya menyingung pembangunan petirtaan tersebut sudah ada sejak abad ke-8. Tidak terlalu sulit menemukan mata air ini. 

Jika kita datang dari arah Wonosobo, mata air ini terdapat di sisi sebelah kanan gapura selamat datang di Dieng. Tempat ini ditandai dengan bangunan tinggi megah yang sangat mencolok.

Berminat untuk membuktikan sendiri mitos Sungai Serayu dan Tuk Bima Lukar membuat awet muda ini? *** 

Sumber: