32 Pramuka Kabupaten Tegal Ikut Raimuna Nasional ke-12, Bupati Tegal Singgung soal Adat

32 Pramuka Kabupaten Tegal Ikut Raimuna Nasional ke-12, Bupati Tegal Singgung soal Adat

LEPAS KONTINGEN- Bupati Tegal Umi Azizah saat pelepasan kontingen Raimuna Nasional berlangsung di Pendopo Amangkurat, Kamis 10 Agustus 2023.-Istimewa-

RADAR TEGAL- Sebanyak 32 pramuka Kabupaten Tegal mengikuti Raimuna Nasional (Rainas) ke-12 Tahun 2023 di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Pramuka Cibubur, Jakarta Timur. Mereka dilepas Bupati Tegal Umi Azizah di Pendopo Amangkurat, Kamis 10 Agustus 2023.

Mereka yang mengikuti Raimuna Nasional merupakan Pramuka Penegak dan Pandega Kabupaten Tegal. Peserta kontingen dilepas beserta empat orang pendampingnya.

Kepala Dewan Kerja Cabang Tegal Muhammad Setianto menyampaikan, pelaksanaan kegiatan Raimuna Nasional ini akan berlangsung selama delapan hari. Dari tanggal 14 sampai 21 Agustus 2023. 

Di sini, peserta akan mengikuti sejumlah kegiatan bakti seperti rehab rumah tidak layak huni (RTLH), bakti sosial, dan lain sebagainya. Selain itu, peserta juga diberikan kesempatan mengikuti kegiatan magang di beberapa perusahaan termasuk BUMN.

BACA JUGA:Peringati Hari Pramuka, Kwarcab Kabupaten Tegal Bertekad Wujudkan SDM Profesional

BACA JUGA:Hari Pramuka, 102 Penggiat Gerakan Terima Penghargaan Darma Bakti dan Pancawarsa

Seusai acara pelepasan, dilanjutkan dengan pelantikan anggota pramuka penegak dan pandega. Sebanyak 24 anggota pramuka penegak dan pandega resmi dilantik oleh Ketua Kwartir Cabang Tegal Widodo Joko Mulyono.

Joko mengatakan, pramuka garuda ini merupakan pramuka yang memiliki tingkatan tertinggi di mana mereka sudah menguasai 10 Dasa Darma serta Tri Satya hingga maknanya. 

"Artinya pramuka garuda ini sudah berkarakter sebagai insan pramuka, berkarakter mulia yang dapat menjadi panutan bagi pemuda,” kata Joko.

Dia berharap penggerak pramuka garuda ini dapat menjunjung tinggi nilai kedisiplinan, kejujuran, serta keadilan. Di mana nantinya generasi inilah yang akan menjadi pemimpin Indonesia yang memiliki nilai unggul dan berintegritas tinggi.

BACA JUGA:Spesial Hari Pramuka, Siapa Cepat Dia Dapat Buruan Klaim LINK DANA Kaget Rp250 Ribu Hari Ini 14 Agustus 2023

BACA JUGA:Lepas 218 Anggota Pramuka Jateng ke Jambore Dunia di Korsel, Ganjar Titip Pesan Damai

Lewat sambutannya, Umi menyampaikan apresiasinya kepada kontingen pramuka Kabupaten Tegal yang telah mempersiapkan diri mengikuti Raimuna Nasional 2023 ini. Menurutnya, Raimuna Nasional ini bisa menjadi ajang memperkenalkan budaya dan pariwisata Kabupaten Tegal secara utuh. Sekaligus mengembangkan potensi dan jati diri masing-masing sembari menyelami serta mengevaluasi sejauhmana perkembangan gerakan kepramukaan di tingkat nasional.

"Pendidikan kepramukaan berperan penting dalam membentuk kepribadian generasi muda agar memiliki daya juang dan daya saing yang tinggi untuk menghadapi tantangan dengan segala tuntutan perubahan kehidupan lokal, nasional, maupun global," terangnya.

Lebih lanjut, Umi berpesan, selama mengikuti kegiatan Raimuna Nasional, kontingen pramukanya bisa mematuhi tata tertib dan adat istiadat yang berlaku. Menjaga kesehatan, kekompakan, kebersamaan dan nama baik Kabupaten Tegal. 

Selain itu, dia juga berharap bisa menjalin relasi, saling bertukar informasi dan pengalaman tentang kegiatan kepramukaan dengan rekan-rekan lain yang berbeda kontingen.

BACA JUGA:Keren, Dua Pelajar Asal Pemalang Ikuti Jambore Pramuka Sedunia di Korea Selatan

BACA JUGA:Buka Perkemahan Pramuka Berkebutuhan Khusus 2023 di Tegal, Atikoh Gunakan Bahasa Isyarat

“Saya harap sekembalinya nanti, kalian yang sudah memiliki tambahan bekal ilmu pengetahuan dan kedisiplinan dapat berbagi dengan anggota pramuka lainnya yang ada disini. Siapkan diri kalian untuk menjadi teladan yang baik, bermental baja, disiplin, menghormati guru sebagai orang tua di sekolah, terlebih kepada orang tua kita di rumah,” pungkasnya. ***

Sumber: