Sangat Beragam, Berikut 5 Julukan Kota Jogja yang Jarang Diketahui

Sangat Beragam, Berikut 5 Julukan Kota Jogja yang Jarang Diketahui

Julukan Kota Jogja--

RADAR TEGAL - Jogja merupakan Kota yang mempunyai banyak julukan karena keanekaragamannya. Mulai dari budaya yang kental dan juga sejarah serta keramahan masyarakatnya. 

Namun selain keindahan alamnya yang luar biasa, Jogja juga mendapat beberapa julukan lain. Oleh akrena itu kami akan membagikan deretan julukan untuk Kota Jogja yang mungkin belum kalian ketahui.

Berikut rangkuman beberapa julukan Kota Jogja yang dapat kalian pahami artinya dibawah ini.

Julukan Kota Jogja

1. Kota Pelajar

Jogja dijuluki sebagai Kota Pelajar karena merupakan rumah bagi beberapa perguruan tinggi ternama di Indonesia, termasuk Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Sebagai pusat pendidikan, Jogja menjadi tempat belajar bagi ribuan mahasiswa dari berbagai daerah di Indonesia.

Keberadaan mahasiswa ini memberikan nuansa kehidupan yang dinamis, serta semangat intelektual yang kental di kota ini. Biaya hidup yang cenderung terjangkau, juga menjadi salah satu alasan para pelajar memilih kota ini untuk melanjutkan studi. 

2. Kota Budaya

Julukan lain yang melekat pada Jogja adalah Kota Budaya. Jogja menjadi pusat kegiatan seni dan budaya di Indonesia. Di kota ini, Anda dapat menemukan beragam seni tradisional, seperti tari, musik gamelan, seni ukir, dan batik. 

Selain itu, Jogja juga menjadi tempat kelahiran aliran seni kontemporer yang dikenal dengan sebutan Seni Rupa Baru atau Yogya New Art. Budaya Jogja juga tercermin dalam kesederhanaan masyarakat, keramahan penduduk, dan kearifan lokal yang masih terjaga. 

3. Kota Gudeg

Gudeg adalah makanan khas Jogja yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan rempah-rempah khas. Julukan Kota Gudeg menggambarkan kekayaan kuliner Jogja yang sangat terkenal. Hampir setiap masyarakat yang berkunjung ke Jogja, kudapan yang selalu dicari dan sangat populer hingga keluar daerah adalah gudeg. 

Tak hanya gudeg, wisatawan dapat menemukan beragam makanan lezat seperti bakpia, sate klathak, mangut lele, dan tentu saja, gudeg. Namun, gudeg menjadi ikon kuliner Jogja dan menjadi daya tarik bagi banyak orang yang ingin mencicipi cita rasa autentik kota ini. 

4. Kota Istimewa

Di Indonesia, terdapat beberapa daerah atau kota yang memiliki hak istimewa dari pemerintah, Aceh, Jakarta dan Jogja. Bukan tanpa alasan predikat tersebut dimiliki oleh beberapa kota tersebut. Khususnya untuk Jogja, salah satu ciri keistimewaan yang ada adalah kesultanan yang merangkap sebagai gubernur. Julukan ini juga sebagai bentuk penghargaan Keraton Jogja menjadi satu wilayah yang menyatakan secara langsung bagian dari NKRI pasca-proklamasi. Keistimewaan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), ini dapat dilihat dalam UU No 13 tahun 2012 tentang keistimewaan Daerah Istimewa. 

5. Kota Bakpia

Selain gudeg yang menjadi makanan khas Jogja, Bakpia juga menjadi salah satu jajanan yang menjadi oleh-oleh khas wajib untuk dibawa pulang dari kota Jogja. Wisatawan akan secara mudah menemukan toko bakpia di setiap sudut kota ini. Beberapa toko bakpia enak ini seperti bakpia pathok 25, bakpia pathok 75, bakpia Kurnia Sari, dan masih banyak lagi.

Itulah deretan julukan Kota Jogja yang dapat kalian pahami. Semoga bermanfaat.***

 

Sumber: