Kebakaran Kapal di Pelabuhan Tegal Belum Teratasi, Titik Api Sesekali Masih Menyala dan Membesar

Kebakaran Kapal di Pelabuhan Tegal Belum Teratasi, Titik Api Sesekali Masih Menyala dan Membesar

Kebakaran kapal di Pelabuhan Tegal Belum teratasi--

RADAR TEGAL - Kebakaran kapal yang terjadi di Pelabuhan Jongor Kota Tegal sejak Senin 14 Agustus 2023 malam lalu hingga saat ini belum dapat teratasi. Titik api sesekali masih terlihat menyala dan membesar di antara puing-puing kapal yang terbakar sebelumnya.

Seperti yang terjadi pada Kamis 17 Agustus 2023 siang, titik api kembali muncul dan membesar hingga membuat panik petugas dan warga. Mereka khawatir, api akan terus membesar dan merembet ke SPBN dan bangun lainnya yang berada di sekitar lokasi kejadian.

Bahkan, malam saat malam hari, api kembali menyala di lokasi kebakaran kapal tersebut. Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, petugas gabungan terus berjaga di lokasi tersebut dan melakukan pemadaman terhadap api yang menyala kembali.

Seperti diketahui, kebakaran melanda kapal yang terparkir di kolam penampungan Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Jongor Kota Tegal, Senin 14 Agustus 2023 malam. Kebakaran diduga bermula dari adanya korsleting listrik dari salah satu kapal yang kemudian membesar dan menghanguskan 52 kapal.

Setelah sempat mereda, api kembali membesar pada Rabu, 16 Agustus 2023 siang dan menghanguskan 9 kapal kembali. Sehingga, total kapal yang terbakar hingga saat ini mencapai 61 unit.

Salah satu tokoh nelayan Thambari Gustam mengatakan kebakaran kapal kembali terjadi pada Rabu kemarin dengan jumlah yang terbakar 9 kapal. Jumlah itu menambah total kerugian akibat kebakaran yang sudah berlangsung selama dua hari itu.

"Totalnya hingga kemarin ada 61 kapal yang terbakar,"tandasnya.

Akibat kejadian kebakaran kapal tersebut, kata Thambari, ada ribuan ABK yang terdampak. Karenanya, dia berharap agar pemerintah menunjukkan tanggungjawabnya terhadap nelayan. ***

Sumber: