Simulasi Pengamanan Mako, Polres Tegal Kota 'Digeruduk' Ratusan Massa

Simulasi Pengamanan Mako, Polres Tegal Kota 'Digeruduk' Ratusan Massa

Salah satu adegan dalam simulasi pengamanan di Mapolres Tegal Kota--

RADAR TEGAL - Ratusan massa bersiap 'menggeruduk' Mako Polres Tegal Kota untuk melakukan tindakan anarkis. Mendapatkan informasi tersebut, seluruh jajaran bersiap siaga untuk melakukan pengamanan.

Hal itu, menjadi bagian dari skenario dalam kegiatan simulasi sistem pengamanan markas Polri di Mapolres setempat, Sabtu 12 Agustus 2023. Skenario berawal dari seluruh personel yang tengah bertugas seperti biasa.

Tiba-tiba terdengar bunyi lonceng dan suara alarm yang menandakan situasi kontijensi. Mendengar hal itu, seluruh personel berkumpul di halaman Mapolres untuk mengikuti Apel dan arahan dari pimpinan. 

Usai mendapat arahan dari Pimpinan, seluruh personel kemudian langsung melakukan penyisiran. Serta menempatkan diri di zona masing-masing.

"Jadi, skenarionya setelah mendapatkan informasi dari Satuan Intelkam, akan ada massa yang menuju Polres dan akan berbuat anarkis maka kita kumpulkan seluruh anggota. Kemudian kita berikan arahan dan segera mempersiapkan diri pada lokasi-lokasi yang sudah kita tentukan,"kata Kapolres.

Hingga akhirnya, kata Kapolres, pihaknya berhasil melakukan pengamanan hingga situasi menjadi aman dan kondusif. Kapolres menyebut, kegiatan simulasi itu tujuannya untuk melatih personel agar lebih sigap dan cekatan. 

"Selain itu juga untuk menyatukan persepsi atau keseragaman dalam pengamanan markas. Sehingga personel tidak melakukan kesalahan atau berbuat yang tidak sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP),"ujarnya.

Kapolres menambahkan, Sispam Mako disimulasikan, agar personel mengetahui harus berbuat apa. Menempatkan dirinya dimana dan bertanggung jawab kepada siapa. 

"Sehingga seluruh personel selalu siap dalam bertugas sesuai dengan tingkat ancaman yang mungkin terjadi,"pungkas Kapolres. ***

Sumber: