3 Mitos yang Terkenal di Sekitaran Kota Boyolali, Ada Patung Andesit Berbentuk Sapi yang Magis

3 Mitos yang Terkenal di Sekitaran Kota Boyolali, Ada Patung Andesit Berbentuk Sapi yang Magis

source screenshoot--

RADAR TEGAL - Boyolali adalah salah satu kota di Jawa Tengah yang terkenal dengan budayanya yang kental.

Kota Boyolali ini terletak di lembah Sungai Bengawan Solo, dan berjarak sekitar 50 kilometer dari Kota Surakarta.

Kota Boyolali juga sering dijadikan destinasi wisata serta banyak sekali penginapan murah bernuansa alam di kota ini.

Namun, Boyolali juga memiliki banyak mitos yang masih dipercaya oleh masyarakatnya hingga saat ini. Berikut ini adalah tiga mitos yang paling terkenal di Kota Boyolali:

 

1. Misteri Gunung Merapi

Gunung Merapi adalah salah satu gunung berapi aktif yang paling berbahaya di Indonesia. Gunung Merapi terletak di perbatasan antara provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Gunung Merapi telah meletus sebanyak 29 kali sejak tahun 760 Masehi. Letusan gunung Merapi yang paling terkenal adalah letusan tahun 1997 yang mengakibatkan ribuan orang meninggal dunia.

Masyarakat Boyolali percaya bahwa Gunung Merapi adalah rumah bagi para dewa dan dewi. Mereka percaya bahwa Gunung Merapi tidak boleh didaki oleh sembarang orang. Jika ada orang yang mendaki Gunung Merapi, maka mereka akan dikutuk oleh para dewa dan dewi.

 

2. Misteri Lembu Suro

Lembu Suro adalah sebuah patung sapi yang terletak di tengah-tengah kota Boyolali. Patung Lembu Suro terbuat dari batu andesit dan memiliki tinggi sekitar 3 meter.

Patung Lembu Suro diyakini memiliki kekuatan magis. Masyarakat Boyolali percaya bahwa jika mereka menyentuh patung Lembu Suro, maka mereka akan mendapatkan keberuntungan.

 

3. Misteri Air Terjun Kedung Kayang


--

Air Terjun Kedung Kayang adalah sebuah air terjun yang terletak di desa Kedung Kayang, Kecamatan Mojosongo, Boyolali. Air Terjun Kedung Kayang memiliki ketinggian sekitar 20 meter.

Air Terjun Kedung Kayang diyakini memiliki kekuatan magis. Masyarakat Boyolali percaya bahwa jika mereka mandi di Air Terjun Kedung Kayang, maka mereka akan menjadi awet muda.

BACA JUGA: Mitos Rumah Luwang Mayit: Pembawa Sial Bagi Penghuni Menurut Kepercayaan Jawa

 

Mitos-mitos di kota Boyolali adalah bagian dari budaya masyarakat setempat. Mitos-mitos tersebut dipercaya oleh masyarakat Boyolali dan menjadi bagian dari kehidupan mereka sehari-hari. Mitos-mitos tersebut juga menjadi daya tarik wisata bagi kota Boyolali.***

Sumber: