Mitos Rumah Luwang Mayit: Pembawa Sial Bagi Penghuni Menurut Kepercayaan Jawa

Mitos Rumah Luwang Mayit: Pembawa Sial Bagi Penghuni Menurut Kepercayaan Jawa

image | edit by photoshop | dvn--

RADAR TEGAL - Rumah luwang mayit adalah sebuah rumah yang memiliki ruang sempit yang menyerupai liang kubur.

Menurut kepercayaan masyarakat Jawa, rumah luwang mayit adalah rumah yang membawa sial bagi penghuninya.

 

Asal Usul Mitos Rumah Luwang Mayit

Mitos rumah luwang mayit dipercaya sudah ada sejak zaman dahulu. Konon, dahulu kala ada seorang raja yang memiliki seorang anak yang meninggal dunia.

Raja sangat sedih atas kematian anaknya, sehingga ia memerintahkan para arsiteknya untuk membangun sebuah rumah yang mirip dengan liang kubur untuk anaknya. Rumah tersebut kemudian diberi nama rumah luwang mayit.

 

Kepercayaan Masyarakat Jawa Tentang Rumah Luwang Mayit

Masyarakat Jawa percaya bahwa rumah luwang mayit adalah rumah yang membawa sial. Hal ini karena rumah luwang mayit dianggap sebagai tempat berkumpulnya roh-roh jahat.

Jika seseorang tinggal di rumah luwang mayit, maka ia akan mengalami berbagai macam kesialan, seperti sakit-sakitan, gagal dalam usaha, dan bahkan meninggal dunia.

BACA JUGA: 7 Pamali Jawa yang Masih Diyakini hingga Sekarang, Nomor 6 Jangan Lakukan!

 

Cara Mengatasi Rumah Luwang Mayit

Jika Anda memiliki rumah yang memiliki ruang sempit yang menyerupai liang kubur, maka Anda dapat mengatasinya dengan beberapa cara berikut:

  • Menutup ruang sempit tersebut: Anda dapat menutup ruang sempit tersebut dengan dinding atau sekat lain.
  • Membangun rumah baru: Jika Anda tidak ingin menutup ruang sempit tersebut, maka Anda dapat membangun rumah baru di tempat yang lain.
  • Melakukan ritual adat: Anda dapat melakukan ritual adat untuk mengusir roh-roh jahat yang ada di rumah luwang mayit.

 

Penelitian tentang Mitos Rumah Luwang Mayit

Terdapat beberapa penelitian yang telah dilakukan tentang mitos rumah luwang mayit. Salah satu penelitian yang paling terkenal adalah penelitian yang dilakukan oleh Dr. Soerjono Soekanto, seorang sosiolog dari salah satu Universitas.

Dalam penelitiannya, Dr. Soekanto menemukan bahwa mitos rumah luwang mayit adalah mitos yang bersifat sosial. Artinya, mitos rumah luwang mayit tidak didasarkan pada fakta ilmiah, melainkan pada kepercayaan masyarakat yang telah diturunkan dari generasi ke generasi.

BACA JUGA: Mitos Tidak Boleh Membangun Rumah Menghadap ke Timur, Apa yang Akan Terjadi?

 

Kesimpulan

Mitos rumah luwang mayit adalah salah satu mitos yang masih dipercaya oleh masyarakat Jawa hingga saat ini. Meskipun tidak ada bukti ilmiah yang mendukung mitos tersebut, namun banyak orang yang tetap percaya bahwa rumah luwang mayit adalah rumah yang membawa sial.

Jika Anda memiliki rumah yang memiliki ruang sempit yang menyerupai liang kubur, maka Anda dapat mengatasinya dengan beberapa cara yang telah disebutkan di atas.***

Sumber: