Atasi Masalah Sampah, Warga Diimbau Pilah Sampah dari Rumah

Atasi Masalah Sampah, Warga Diimbau Pilah Sampah dari Rumah

Reses Anggota DPRD Kota Tegal --

RADAR TEGAL - Persoalan Sampah tidak akan pernah habis selama ada kehidupan manusia. Karenanya, untuk mengatasi persoalannya, masyarakat diimbau untuk dapat memilah sampah mulai dari rumah tangga.

Hal itu mencuat saat berlangsungnya kegiatan Reses Anggota DPRD Kota Tegal Fraksi PKB Yusuf Albaihaqi, Jumat 11 Agustus 2023. Hadir dalam kesempatan tersebut, Kabid Pengelolaan Sampah Dinas Lingkungan Hidup Kota Tegal Indriani Winarti, Tokoh Muda PKB Bambang Irawan.

Dalam sambutannya, Anggota DPRD Kota Tegal Yusuf Baihaqi mengatakan saat ini pihaknya menggelar reses di masa persidangan II 2023. Pada kesempatan itu, pihaknya mengundang dari Dinas Lingkungan Hidup terutama dari pengelolaan sampah.

"Saat ini kita masuk di reses masa persidangan II. Kali ini saya mengundang dari Dinas Lingkungan Hidup,"katanya.

Menurut Yusuf, saat ini pihaknya masuk sebagai anggota Komisi III DPRD yang bermitra dengan Dinas tersebut. Karenanya, dia sengaja menghadirkan narasumber untuk menyampaikan hal-hal berkaitan dengan Lingkungan Hidup.

Kabid Pengelolaan Sampah Indriani Winarti mengatakan persoalan sampah tidak akan pernah habis selama ada kehidupan manusia. Karenanya, perlu upaya dari diri sendiri untuk bisa mengurangi persoalan sampah.

"Karenanya, melalui kesempatan ini kami mengajak kepada masyarakat untuk bisa memulai memilah sampah dari rumah. Pisahkan yang organik dan an organik,"tandasnya.

Sementara Bambang Irawan mengatakan saat ini Presiden Joko Widodo telah menggulirkan program belanja tanpa kantong plastik. Hal itu, sebagai upaya untuk mengurangi sampah plastik.

"Program Pak Jokowi untuk mengurangi sampah plastik salah satunya dengan program belanja tanpa kantong plastik,"ujar Bambang.

Menurutnya, hal itu juga sebagai upaya untuk menuju Indonesia Green atau Indonesia hijau. Serta bebas dari sampah, utamanya plastik. ***

Sumber: