240 Pengurus MGMP se Kabupaten Tegal Ikuti Bimtek Kopetensi Guru Mata Pelajaran SMP

240 Pengurus MGMP se Kabupaten Tegal Ikuti Bimtek Kopetensi Guru Mata Pelajaran SMP

Plt Kepala Disdikbud Kabupaten Tegal membuka gelaran kopetensi guru mata pelajaran SMP.-Hermas Purwadi-

RADAR TEGAL - Bertempat di aula Kampus Bhamada Slawi, Disdikbud Kabupaten Tegal menggelar bimbingan teknis (Bimtek) kompetensi guru mata pelajaran SMP.

Kegiatan yang dilaksanakan dari 8 hingga 11 Agustus 2023 ini, diikuti oleh perwakilan masing-masing gugus se Kabupaten Tegal.

Plt Kepala Disdikbud, Fakihurochim SSos MM didampingi Kasi PTK SMP, Nur Khakim SPd menyatakan, masing-masing gugus terdiri atas 10 mata pelajaran. 

"Di Kabupaten Tegal saat ini ada 6 gugus. Dan setiap perwakilan pengurus MGMP (musyawarah gugus mata pelajaran) ada 4. Sehingga semua jumlah peserta yang dilibatkan dalam kegiatan ini sebanyak 240 orang," ujarnya Jumat 11 Agustus 2023.

Ditegaskan, dalam kegiatan komunitas belajar, MGMP perlu adakan penguatan segenap pengurus. Utamanya untuk mempersiapkan kegiatan pembelajaran di tahun 2023 - 2024. 

BACA JUGA:Pantura Kabupaten Tegal Dilanda Kemarau, Ratusan Warga Kedungkelor Antre Air Bersih

"Kegiatan ini juga bertujuan untuk memahami materi terkait dengan Kurikulum Merdeka. Dalam hal ini untuk meningkatkan kemampuan literasi , numerasi, dan melaksanakan IKM di Kabupaten Tegal," cetusnya.

Adapun narasumber yang dihadirkan dalam kegiatan ini berasal dari kalangan akademisi yang bekerjasama dengan Tanoto Fundation. 

"Narasumber adalah para Doktor dari UNY, UNS, dan UNES, serta diisi oleh pegawas SMP, dan ketua MKKS," ungkapnya. 

Untuk pelaksanaan IKM tahun ini dikhusukan bagi siswa didik yang duduk di bangku kelas 8, mengingat di tahun ajaran sebelumnya sudah diperuntukkan oleh siswa kelas 7.

Diharapkan pada bimtek ini para pengurus bisa menyampaikan materi yang telah didapatkan untuk mendisiminasikan di masing-masing gugus mata pelajaran tersebut. 

BACA JUGA:Dibungkus Kantong Plastik Hitam, Jasad Bayi Perempuan Bikin Geger Warga Kabupaten Tegal

"Dan tentuya para siswa akan dapat berprestasi dan berkarakter dengan terciptanya profil pelajar Pancasila yang terdiri dari 6 dimensi.Yaitu beriman, bertaqwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, madiri, gotong royong, kreatif , bernalar kritis, dan berkebhinekaan global," tegasnya. *

Sumber: