5 Tarian di Indonesia Berunsur Magis, Ada yang Harus Ditarikan 7 Gadis Perawan dan 1 Perjaka

5 Tarian di Indonesia Berunsur Magis, Ada yang Harus Ditarikan 7 Gadis Perawan dan 1 Perjaka

Ilustrasi. Tarian mistis di Indonesia yang mengandung unsur magis-freepik-

Tarian ini harus dilakukan oleh 9 wanita yang masih perawan dan tidak dalam masa haid. Selain itu, mereka juga harus berpuasa terlebih dulu sebelum tampil.

Saat tarian mistis ini berlangsung, konon akan ada penari ke-10 yang muncul dan hanya dapat dilihat oleh orang-orang tertentu. Orang-orang percaya bahwa penari tersebut adalah Ratu Pantai Selatan yang ikut hadir menari bersama.

3) Tari Kuda Lumping

Siapa saja pasti sudah tidak asing dengan tarian ini. Tari Kuda Lumping atau Tari Jaran Kepang termasuk dalam jenis tari mistis di Indonesia yang memiliki unsur magis.

Tari yang berasal dari Ponorogo, Jawa Timur ini menggunakan kuda-kudaan yang dibuat dari anyaman bambu serta dihias cat serta kain warna-warni.

Konon, para penari ini akan dirasuki oleh roh halus dan saat mereka kehilangan kesadaran, mereka cenderung melakukan hal-hal mainstream. Mulai dari memakan binatang hingga pecahan kaca. 

BACA JUGA : 6 Suku Asli Indonesia yang Punya Kekuatan Magis dan Disegani, Hati-hati Ilmunya Super Kuat!

4) Tari Sintren

Tari mistis di Indonesia berikut ini cukup unik, sebab penarinya harus menggunakan kacamata hitam selama prosesi.

Penari yang boleh menarikan Tari Sintren ini harus seseorang yang masih gadis. Umumnya, tarian ini dilakukan untuk upacara memohon hujan di saat musim kemarau.

Sama seperti jenis tarian lainnya, si penari akan dirasuki oleh sosok gaib yang masyarakat percayai merupakan penguasa daerah Jawa, yaitu Dewi Lanjarsari.

5) Tari Sanghyang Jaran

Jika Ponorogo memiliki Tari Jaran Kepang, maka Bali juga memiliki yang serupa dengan nama Tari Sanghyang Jaran.

Tarian ini biasanya ditampilkan dalam satu rangkaian dengan Tari Kecak. Penari juga menunggangi kuda-kudaan yang sudah dihias sedemikian rupa khas dengan Bali.

Nantinya, si penari akan dirasuki sosok gaib dan melakukan sejumlah hal ekstrem, seperti menusukan benda tajam ke tubuhnya dan hal-hal berbahaya lainnya.

Sumber: