Besok, Tarif Tol Cisumdawu Cimalaka - Dawuan Berlaku Penuh Rp1.250 per Kilometer

Besok, Tarif Tol Cisumdawu Cimalaka - Dawuan Berlaku Penuh Rp1.250 per Kilometer

--

RADAR TEGAL - Informasi ini penting buat kamu yang berencana melewati Jalan Tol Cisumdawu Cimalaka - Dawuan. Karena mulai besok, Selasa 8 Agustus 2023, tarif tol tersebut akan berlaku penuh Rp1.250 per kilometer.

Diketahui, sejak diresmikan oleh Presiden RI Ir Joko Widodo atau Jokowi, Ruas Cimalaka - Pase, Paseh - Ujung Jaya dan Ujung Jaya - Dawuan masih belum bertarif.

Sebab, untuk 3 ruas tersebut masih beroperasi fungsional selama kurang lebih 3 minggu terakhir. Dengan penerapan tarif Tol Cisumdawu Cimalaka - Dawuan secara penuh tersebut maka tidak ada lagi ruas gratis di sana. Sebelumnya, tarif baru hanya berlaku pada Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan untuk Seksi 1 sampai dengan 3.

BACA JUGA:Lahan di Areal Tol Pejagan-Pemalang di Kabupaten Tegal Terbakar

Penerapan tarif penuh untuk Jalan Tol Cisumdawu diperkirakan mulai dari Cileunyi sampai dengan Ujung Jaya.

"Tol Cisumdawu ruas Cimalaka - Paseh - Ujung Jaya - Dawuan terbagi menjadi 3 seksi. Setelah resmi bertarif besok, pastikan memiliki saldo yang cukup ya," tulis PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT) dalam akun Instagramnya.

Meski sudah memberikan pengumuman terkait tarif, belum diketahui berapa nominal yang dikenakan untuk perjalanan dari Cileunyi sampai dengan Ujung Jaya.

Namun, pastinya penetapan tarif tersebut nantinya akan diputuskan oleh Menteri Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR), melalui surat keputusan. PT CKJT sudah mendahului melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar pengguna jalan tol tidak kaget dengan penerapan tarif tersebut.

"Jalan Tol Cisumdawu Ruas Cimalaka - Paseh - Ujung Jaya - Dawuan dalam waktu dekat diberlakukan tarif," lanjut PT CKJT.

Dikutip dari Radar Cirebon, panjang ruas Cimalaka - Dawuan mencapai 29,3 kilometer, terdiri dari Cimalaka - Paseh 8,20 kilometer.

Paseh - Ujung Jaya 14,90 kilometer dan Ujung Jaya - Dawuan 6,20 kilometer. Perkiraan Tarif Tol Cisumdawu Ruas Cimalaka - Dawuan.

BACA JUGA:Antisipasi Kebakaran Lahan, Polisi Ingatkan Warga Agar tidak Bakar Jerami di Tepi Tol

Mengacu pada keterangan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat peresmian Tol Cisumdawu, sempat disampaikan bahwa per kilometer dikenakan Rp1.250.

Dengan panjang ruas yang mencapai 29,3 kilometer diperkirakan tarifnya adalah Rp36.625 untuk kendaraan golongan 1.

Sedangkan ruas Cileunyi - Cimalaka saat ini sudah dikenakan tarif yakni Rp41.500 untuk kendaraan golongan 1. ***

Sumber: Radar Cirebon