Pesona Desa Wisata Banyubiru Dukun, Ada Pasar Tradisi Lembah Merapi, Satwa Tengkek Buto dan Wisata Religi

Pesona  Desa Wisata Banyubiru Dukun, Ada Pasar Tradisi Lembah Merapi, Satwa Tengkek Buto dan Wisata Religi

Pasar tradisi Lembah Merapi-Instagram@pasartradisilembahmerapi-

RADARTEGAL.DISWAY.ID- Destinasi wisata alam di wilayah Kabupaten Magelang tidak hanya candi Borobudur, banyak wisata alternatif  menarik salah satunya desa wisata. Desa wisata  sekitar Borobudur sekarang ini makin berkembang salah satunya  Desa Wisata Banyubiru Dukun.

Berlokasi Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang   kurang lebih 20   kilometer dari Candi Borobudur   menghadirkan budaya lokal dan wisata alam yang indah.  Terletak  dikaki  lereng  Gunung Merapi pesona alam menawan sunrise  waktu pagi atau wisata pertanian.

Bisa juga  wisata sejarah di  Gunung  Gono melihat  peninggalan sejarah archa ganesha, lingga  Yoni atau  wisata religi. Ke makam Mbah Kyai  Mukri penyebar Islam di  Dukun kemudian  lebih mengasyikkan lagi  berburu aneka kuliner tempo dulu di Pasar Tradisi Lembah Merapi

Wisata Gunung  Gono

Pesona   Desa Wisata Banyubiru Dukun yang menarik adalah wisata Gunung Gono berlokasi puncak bukit Gunung Gono.  Bukit  terletak tengah  desa menjadi  magnet tersendiri bisa  dijadikan tempat berburu sunrise di pagi hari diantara  rindangnya rimbunan pohon bambu.

Bangunan panggung terbuat dari bambu yang didirikan sekitar puncak makin memperindah  suasana. Sembari menyaksikan indahnya gunung  Merapi-Merbabu bisa sefie ria mengabadikan keindahan alam sekitar seperti  hamparan sawah  yang hijau dan subur tentu liburan menyenangkan.

Selain itu, dapat  pula belajar sejarah mengenai peninggalan Hindu archa  Ganesha   dan Lingga Yoni.  Ada juga tempat istirahat terakhir Mbah Kyai  Mukri tokoh penyebar Islam  di daerah Dukun.                                                                      

Ekosistem Bambu

Hal menarik dari Pesona   Desa Wisata Banyubiru Dukun adanya ekosistem bambu yang tumbuh subur di  bukit Gunung Gana. Jenis bambu  beragam dari bambu apus sampai  bambu wulung kemudian dapat dijadikan konveksi sekaligus bahan  edukasi bagi  wisatawan terkait pengetahuan tumbuhan bambu.

Bambu-bambu tersebut  biasanya  dmanfaatkan oleh penduduk setempat membuat kerajinan tangan.  Di samping itu  dijadikan  produk-produk souvenir menarik yang pasti akan mendapatkan keuntungan bernilai ekonomi keluarga.

Habitat Satwa  Langka Tengkek  Buto

Pesona desa wisata Banyubiru Dukun lain terletak pada habitat satwa langka yang ada di kawasan bukit Gunung Gono. Satwa langka  masih bertahan di antaranya burung Tengkek Buto atau nama lain burung raja udang, cekakak atau kingfisher.

Burung Tengkek  Buto  sejenis burung pemakan ikan dari keluarga Aloedinidae dengan nama resmi Tiong Lampu Biasa.kemudian ada juga satwa lain ada di Gunung Gono adalah burung  hantu yang jumlahnya beberapa masih ada di kawasan ini.

Pasar Tradisi Lembah Merapi

Pesona desa wisata Banyubiru Dukun yang khas dan unik adalah Pasar  Tradisi Lembah Merapi Pasar yang dibuka hanya  pada hari Minggu konsep kehidupan masyarakat Merapi tempo dulu memang tidak biasa Ketika masuk dalam pasar seperti kembali di  masa zaman Merapi zaman dahulu.

Ada 35 stand pedagang  yang resmi dibuka sejak 27 Januari 2019 lalu kerap ramai  didatangi wisatawan berbagai daerah.  Menyajikan berbagai produk  hasil pertanian dan perkebunan dikemas dalam aneka kuliner serta jajanan pasar  unik rasanya   lezat         

Lokasi  pasar berada di bawah rimbunan pohon bambu memiliki alat transaksi khas menggunakan koin bambu yang dinamakan Koin Gono.  Uang cash sudah tidak berlaku lagi di pasar yang dikelola Purdarwis Desa Banyubiru perlu ditukar  terlebih dahulu di tempat sudah ditentukan.

Wisata Petik Buah

Di samping  melihat  pasar Tradisi Lembah Merapi Pasar, aneka satwa langk kemudian bisa berburu aneka buah di Banyubiru.  Di desa ini sentral buah  jambu kristal dan salak yang rasanya    segar. Dapat  dijumpai di Dusun Salaman bila ingin berburu salah pondoh, bahkan bisa petik buah sendiri pas panen tiba.

Berburu Kerajinan Tangan dan Oleh-oleh Khas Magelang

Selain  bisa  petik buah jambu kristal dan buah  salak pondoh, wisatawan dapat pula berburu kerajinan tangan dan  oleh-oleh khas dan Magelan. Kawasan desa wisata  Banyubiru Dukun sentral pembuatan 10 kerajinan tangan dan 47  industri rumahan makanan olahan

Aneka snack dan  makanan ringan  seperti  slondok, tempe keripik, rengginan manis, criping bakso ada di sini. Selain  berburu oleh-oleh khas Magelang bisa juga  berburu kerajinan tangan kaos Telo Pendem bertenakan wisata kawasan Gunung Gono.

Lukisan bernamma Kalimasadha Art Shop yang  dikelola oleh  Alumni Instirut Seni Indonesia Yogyakarta.  Berlokasi  Dusun Gununggono dan memiliki  showroom di Plaza Muntilan menyajikan beragam jenis  lukisan  flora dan fauna,kaligrafi, karikattur dan lukis foto memang layak dijadikan koleksi bagii pecinta seni lukis  kaligrafi.

Senii Budaya

Berwisata  di desa Banyubiru memang menyenangkan  dan pengalaman tidak  terlupakan ada banyak  spot  wisata termasuk seni budaya. Di desa wisata ini ada beragam kesenian    dari jattilan, wayang, prajuritan hingga kubro siswo yang khas dan unik.

Hiburan begitu indah tersaji dalam  Kirab budaya menghadirka serangkaian  kirab budaya memperingati Khoul   Mbah Kyai Mukri. Kirab budaya digelar  setelah Idul Adha  biasanya  diawali Festtiival Lembah  Merapi.

Festtiival Lembah  Merapi  begitu meriah  ada acara sunrise  music, kesenian rakyat, parade hewan hias sampai  fun  camping ground. Itulah pesona desa wisata Banyubiru Dukun  bisa alternatif  pilihan bisa  belajar  bertani dan berburu sunrise sampai berburu kuliner, oleh-oleh serta kerajinan tangan yang bisa menginspirasi.*

 

 

 

Sumber: