Tak Cuma Ada di Indonesia, Ini 5 Negara yang Juga Punya Pawang Hujan

Tak Cuma Ada di Indonesia, Ini 5 Negara yang Juga Punya Pawang Hujan

5 Negara yang Punya Pawang Hujan (pict:istockphoto)--

RADAR TEGAL - Di negara Indonesia, masyarakatnya jika sedang punya hajat seperti nikahan, atau pun acara - acara besar lainnya sering memanggil pawang hujan. Tentu bukan tanpa alasan pawang hujan ini diturunkan ke acara besar tersebut, yang pastinya tujuannya adalah agar acara yang sedang berlangsung nantinya lancar tanpa adanya hujan.

Hujan memang suatu keadaan yang mana membuat kebanyakan orang malas buat keluar rumah, oleh karenanya peran pawang hujan disini sangat diperlukan. Seperti acara yang baru-baru ini viral di Indonesia, yang memanggil pawang hujan bernama Mbak Rara untuk mengusir hujan agar acara di sirkuit mandalika berjalan lancar.

Mungkin jika membahas pawang hujan, yang terpikir hanya negara Indonesia saja yang punya. Namun, nyatanya ada 5 negara yang punya pawang hujan dan tak cuma Indonesia saja.

Negara mana saja kah? Tak usah berlama - lama lagi, mari kita simak bareng jawabannya pada artikel RADAR TEGAL di bawah ini.

BACA JUGA: Mengenal Waruga, Tradisi Unik Pemakaman Suku Minahasa yang Menggunakan Batu untuk Menguburkan Jenazah

Negara-negara berpawang hujan

1. Afrika 

Pertama, negara yang punya pawang hujan adalah Afrika selatan tepatnya Botswana dan juga Zimbabwe. Di dekat tempat tersebut terlihat adanya situs yang bertuliskan "pawang hujan" dengan nama Ratho Kroonkop.

Pada zaman dahulu, di tempat ini sering dikatakan sebagai tempatnya para dukun yang melakukan permohonan pada dewa agar langit terbuka dan menurunkan hujan. Lokasi dari Ratho Kroonkop itu sendiri berada di atas bukit dengan tinggi 300 meter.

Di atas bukit tersebut diketahui banyak sekali spesies hewan, seperti jerapah, badak, dan juga zebra. Dalam ritualnya di atas bukit tadi, para dukun akan menyalakan api yang kemudian digunakan untuk membakar sisa - sisa hewan yang ada dengan tujuan memanggil hujan.

Orang - orang yang melakukan ritual ini dikenal dengan nama San, merupakan sekelompok orang dari Afrika selatan yang sebagian besar hidupnya melakukan pemburuan dan juga pengumpulan.

BACA JUGA: Desa Unik di Indonesia Punya Sungai Keramik di Tengah Pemungkiman Penduduk, Begini Penampakannya

2. Kolombia

Sumber: