Antisipasi Kebakaran Lahan, Polisi Ingatkan Warga Agar tidak Bakar Jerami di Tepi Tol

Antisipasi Kebakaran Lahan, Polisi Ingatkan Warga Agar tidak Bakar Jerami di Tepi Tol

Pihak Satlantas Polres Brebes memasang himbauan agar warga tidak membakar jerami. (Istimewa)--

RADAR TEGAL - Memasuki musim kemarau, Satlantas Polres Brebes melakukan upaya antisipasi adanya kebakaran lahan di dekat jalan tol. Pasalnya, asap tebal yang disebabkan kebakaran lahan akan menganggu jarak pandang pengendara.

Seperti halnya, kecelakaan beruntun di ruas jalan Tol Pejagan-Pemalang, pada September tahun lalu. Sejumlah kendaraan terlibat kecelakaan akibat kebakaran lahan di dekat jalan tol yang menyababkan asap tebal.

Salah satunya upaya agar tidak terjadi kebakaran lahan di dekat jalan tol, pihaknya melakukan pemasangan papan imbauan kepada warga di sepanjang pinggir jalan tol untuk tidak melakukan pembakaran ilalang maupun jerami. Termasuk imbauan kepada pengendara yang melintas untuk tidak membuang puntung rokok sembarangan di pinggir jalan tol.

Hal ini dikatakan Kapolres Brebes AKBP Guntur Muhammad Tariq, melalui Kasat Lantas AKP Edi Sukamto, usai menggelar rapat kordinasi bersama forum lalu lintas. Selain Satlantas Polres Brebes, Bina Marga Provinsi Jateng, Dishub Brebes, Tim Damkar Kabupaten Brebes, serta pihak PPTR, di Kantor PPTR Gerbang Tol Brebes Timur, belum lama ini.

Kasat Lantas Polres Brebes AKP Edi Sukamto mengatakan, rapat tersebut sebagai salah satu untuk melakukan analisa dan evaluasi, kejadian kecelakaan lalu lintas di 2022 lalu di jalan tol yang disebabkan oleh asap tebal hasil pembakaran ilalang maupun jerami.

"Kita ketahui, pada musim kemarau tahun lalu, banyak terjadi kebakaran ilalang dan jerami. Untuk itu, kami berupaya kejadian tersebut tidak terjadi di tahun ini," ujarnya.

Untuk itu, Pihak Satlantas Polres Brebes, bersama PPTR akan melakukan kordinasi dengan Dinas Pertanian dan dinas terkait lainnya. Ini agar tidak ada lagi kebakaran yang terjadi di pinggir jalan tol. 

"Harapan kita agar wilayah Brebes yang dilalui jalur tol trans Jawa, bebas dari asap kebakaran yang bisa menganggu jarak pandang pengemudi," pungkasnya.***

Sumber: