Mitos Pulau Jawa Akan Miring ke Barat dan Tenggelam Sebagian Bikin Ngeri, Beruntung Ada Gunung Merapi

Mitos Pulau Jawa Akan Miring ke Barat dan Tenggelam Sebagian Bikin Ngeri, Beruntung Ada Gunung Merapi

Mitos Gunung Merapi di Magelang, Jawa Tengah, merupakan penyeimbang Pulau Jawa yang dipindahkan dari Jawa Barat masih berkembang hingga saat ini.-foto: magelang ekspress-

RADAR TEGAL - Orang Jawa memang tidak akan lepas dari mitos dalam menjalani kehidupan sehari-harinya. Termasuk mitos tentang Gunung Merapi.

Menurut penuturan warga di sekitar gunung yang ada di perbatasan Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Jogjakarta (DIJ) itu, Gunung Merapi dipercaya dibuat untuk menyeimbangkan Pulau Jawa.

Utamanya terhadap gunung-gunung yang ada di Jawa Barat. Mitosnya Pulau Jawa akan miring ke barat dan tenggelam sebagian. Pulau Jawa akan selamat jika salah satu gunung di Jawa Barat itu dipindahkan.

Itulah sebabnya muncul Gunung Merapi, yang pembuatannya dilakukan dengan memindahkan salah satu gunung ke tengah Pulau Jawa. Gunung yang dipindahkan tersebut bernama Gunung Jamurdipa.

Asal usul mitos Gunung Merapi

Awalanya Gunung Jamurdipa merupakan tempat bermukim dua empu pembuat keris, Empu Permadi dan Empu Rama. Keduanya tak menolak keinginan para dewa untuk memindahkan gunung yang mereka tinggali.

Tetapi kedua empu itu meminta gunung yang mereka huni dipindahkan jika keris yang tengah dibuat di atas gunung selesai. Hanya saja para dewa tidak sabar, dan buru-buru memindahkan Gunung Jamurdipa.

Saat itu keris yang dibuat Empu Permadi dan Empu Rama baru setengah jadi. Tetapi Gunung jamurdipa beserta kerisnya sudah dipindahkan para dewa ke tengah-tengah Pulau Jawa.

Itulah sebabnya tungku perapian kedua empu sampai sekarang masih menyala berupa kaldera yang mengeluarkan api terus-menerus. Mitosnya jika kerisnya bergoyang, maka akan terjadi erupsi.

Konon karena tungku perapian itu yang terus-menerus mengeluarkan api dan lahar, gunung tersebut disebut sebagai Gunung Merapi.

Kerajaan gaib keraton Merapi

Tidak hanya penyeimbang Pulau Jawa, Gunung Merapi juga dipercaya masyarakat sekitar merupakan kerajaan gaib. Warga menyebutnya sebagai Keraton Merapi.

Kerajaan gaib ini diyakini sudah ada sejak zaman Kerajaan Mataram, tetapi dihuni dan dikendalikan oleh bangsa jin. itu pula yang menyebabkan warga percaya adanya hubungan erat Keraton Merapi dengan Keraton Mataram.

Bahkan mitos yang dipercaya turun temurun, Keraton Merapi pernah membantu pasukan Kerajaan Mataram untuk memenangkan perang. Yaitu dilakukan dengan meletuskan Gunung Merapi.

Sumber: