Sambut HUT RI ke 78, Warga Pekauman Kulon Kabupaten Tegal Bentangkan Kain Meriah Putih Sepanjang 150 Meter

Sambut HUT RI ke 78, Warga Pekauman Kulon Kabupaten Tegal Bentangkan Kain Meriah Putih Sepanjang 150 Meter

Kain merah putih sepanjang 150 meter terbentang di Desa Pekauman Kulon, Kecamatan Dukuhturi.-Yeri Noveli-

RADAR TEGAL - Peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke 78 tahun di Desa Pekauman Kulon Kecamatan Dukuhturi Kabupaten Tegal tampak meriah.

Kemerdekaan RI yang diperingati setiap 17 Agustus itu, diwarnai dengan pernak-pernik bendera dan kain merah putih serta lampu lampion. 

Kemeriahan ini juga tampak di Lontrong 15 Desa Pekauman Kulon. Bendera atau kain merah putih sepanjang 150 meter membentang di sepanjang lontrong atau gang tersebut.

Ketua Paguyuban Gerakan Masyarakat Lontrong Lima Belas (Germas) Desa Pekauman Kulon Zaki menuturkan, biaya pembuatan bendera atau kain merah putih ini merupakan swadaya masyarakat. Mereka iuran seikhlasnya.

BACA JUGA:Warga Bentangkan Bendera Merah Putih Sepanjang 1 KM dalam Kirab Bersama Habib Luthfi di Tegal

"Lebar kain ini sekitar 2 meter dan panjangnya 150 meter. Ini merupakan program di Lontrong 15 setiap tahun. Tahun lalu juga begini. Tapi kali ini lebih meriah dengan adanya gawang dan lampu hias," kata Zaki, Kamis 3 Juli 2023.

Menurut Zaki, karena kain merah putih panjang, maka pihaknya harus melibatkan sekitar 20 orang untuk memasangnya. Kain merah putih dipasang selama 3 hari, mulai 30 Juli hingga 1 Agustus 2023.

Dia menyatakan, pembentangan kain merah putih ini tujuannya untuk rasa cinta warga dan menjalin persatuan bagi masyarakat di Lontrong 15.

"Kita nanti juga akan menggelar berbagai perlombaan," ucapnya.

BACA JUGA:Jelang HUT RI Ke-78! Berikut 6 Ide Unik Lomba HUT RI, Dijamin Seru

Anggota DPRD Kabupaten Tegal Khujatul Islam mengapresiasi warga Lontrong 15 yang rela merogoh koceknya untuk memeriahkan kemerdekaan RI.

"Ini patut dicontoh oleh warga lainnya, sehingga hari kemerdekaan RI semakin meriah," ujarnya. *

Sumber: