Slawi dan Brebes Sudah Tersedia Charging Mobil Listrik, Kota Tegal Kapan?

Slawi dan Brebes Sudah Tersedia Charging Mobil Listrik, Kota Tegal Kapan?

PKLU - Manager PLN UP3 Tegal Aditya Darmawan bersama jajarannya menunjukkan SPKLU di Slawi yang dibangun sebelum Lebaran, Rabu 2 Agustus 2023.-YERI NOVELI/RADAR SLAWI-

RADAR TEGAL- Maraknya penggunaan mobil listrik membuat tempat charging mobil listrik atau Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) mulai tersedia. Salah satunya di wilayah Slawi Kabupaten Tegal dan Kabupaten Brebes.

Di Slawi, SPKLU di Slawi berada di kantor ULP PLN Slawi Jalan Ahmad Yani Nomor 60. Sedangkan di Brebes ada di kantor ULP PLN Brebes.

Keberadaan SPKLU ini sebagai upaya PLN untuk mendorong penggunaan kendaraan dan juga untuk mendukung program pemerintah dalam mengurangi emisi gas rumah kaca.

Manager PLN UP3 Tegal Aditya Darmawan mengatakan, SPKLU di Slawi dibangun sebelum Lebaran tahun ini.

Tujuannya untuk melayani pemudik yang menggunakan kendaraan listrik. Termasuk di Brebes, yang lokasinya tidak jauh dari Gerbang Exit Tol.

BACA JUGA:Kereen! Pabrik Baterai Mobil Listrik Pertama di Asia Tenggara Ternyata Ada di Kendal

Kedua tempat pengisian mobil listrik itu, memiliki jenis yang berbeda. Untuk di Slawi, jenisnya yakni normal charging. Sedangkan di Brebes, jenis fast charging. 

“Untuk charging mobil listrik dengan jenis normal charging, dibutuhkan waktu 6-8 jam. Sedangkan untuk jenis fast charging dibutuhkan waktu 2-3 jam,” kata Aditya, saat ditemui di ULP PLN Slawi, Rabu 2 Agustus 2023.

Namun, lanjut dia, waktu charging mobil listrik, tergantung isi baterai dalam mobil tersebut. Jika ingin lebih cepat, bisa charging di SPKLU yang jenisnya ultra charging dengan durasi pengisian sekitar 1 jam.

"Silahkan tinggal pilih saja," ucapnya.

Aditya tidak menampik, di Kota Tegal memang belum ada SPKLU. Pihaknya akan mengusulkan ke Kanwil untuk pembangunan SPKLU di PLN UP3 Tegal, secepatnya.

“Tarif charging untuk yang jenis normal Rp1.600 per KWH, dan jenis fast charging Rp2.600 per KWH,” terangnya. 

Dia menjelaskan, SPKLU dijamin keamanannya dalam proses charging. Sebab, SPKLU mobil listrik dirancang dengan tingkat keamanan yang tinggi. Sedangkan, mayoritas pemilik mobil listrik melakukan pengisian baterai di rumah.

Sumber: